Jembatan Kasang Pudak Nyaris Putus Akibat Diterjang Banjir

Sabtu 06-01-2024,09:14 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, MuaroJambi - Jembatan di desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, kembali mengalami kerusakan, bahkan nyaris putus akibat dihantam banjir. 

Jembatan Surono di desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi mengalami kerusakan akibat diterjang banjir. Banjir menggerus sisi bagian pinggir jembatan sehingga ablas, dan menimbulkan lubang yang membahayakan bagi pengguna jalan. 

BACA JUGA:Jembatan di Desa Tamiai Amblas, Polisi dan Tni Alihkan Jalur Alternatif Ke Jembatan TMD

Selain diterjang derasnya air, kerusakan jembatan yang terletak di perbatasan desa Kasang Pudak dan desa Kasang Kumpeh ini, juga disebabkan oleh  kendaraan besar yang melebihi batas muatan.

“Kemungkinan karena mobil besar terlalu banyak yang lewat sini. Masalahnya kadang-kadang kalau jalan baru macet, jalan satu-satunya lewat sini,” kata Suprapto, salah satu warga sekitar.

BACA JUGA:Banjir Bandang Kerinci Rusak Jembatan Tamiai Hingga Nyaris Ambruk

Kerusakan jembatan telah terjadi sejak tiga hari lalu, namun hingga kini belum ada upaya perbaikan dari pemerintah daerah.rusak nya jembatan membuat pengendara sepeda motor dan mobil harus berhati-hati. 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga bersama Babinsa Desa Kasang Pudak memasang kayu di lubang jembatan sebagai rambu-rambu, serta mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

BACA JUGA:Banjir di 5 Desa Kabupaten Muaro Jambi, Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum Terendam

“Ini disebabkan karena jalannya sudah tua, ditambah debit air waktu hujan banyak, jadi tidak tertampung oleh box ini. Terus ada juga mobil muatan besar yang lewat jadi sama-sama amblas,” jelas  Serka Samsori, Babinsa desa Kasang Pudak.

Pemerintah desa Kasang Pudak mengaku telah melaporkan kondisi kerusakan jembatan ke Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi. Pemerintah desa berharap, Dinas PUPR dapat memperlebar dan membangun secara permanen jembatan surono.

BACA JUGA:600 KK di Dua Desa di Kecamatan Maro Sebo Ulu Terdampak Bencana Banjir

“Sudah kami surati dinas PU Kabupaten Muaro Jambi untuk segera memperbaiki jembatan yang amblas ini, tepatnya di perbatasan Desa Kasang Pudak dan Desa Kasang Kumpe. Harapan kami ke depan segera diperbaikilah ini agar bisa masyarakat keluar masuk aman lancar kembali,” harap Andre, Kadus Karya Bakti Desa Kasang Pudak.

Kategori :