Memasuki Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Muaro Jambi Waspada Banjir dan Angin Kencang

Selasa 14-11-2023,10:52 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Muaro Jambi - Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika stasiun Klimatologi Jambi menyatakan. Hujan yang mengguyur wilayah kabupaten Muaro Jambi dalam beberapa hari terakhir ini. Karena kabupaten Muaro Jambi sudah memasuki awal musim hujan.

BMKG  stasiun  klimatalogi  Jambi, memprediksi  wilayah  Kabupaten Muaro Jambi  pada dasarian dua bulan November ini. Seluruh wilayah di Kabupaten Muaro Jambi berada pada musim hujan, atau setalah berakhirnya pancaroba pada 10 November lalu.

BACA JUGA:Waspada Banjir dan Angin Puting Beliung di Bungo, Peralihan Musim Penghujan 

Senior forecaster BMKG stasiun Klimatologi Jambi Arif Ma’rufi mengatakan, musim hujan terjadi secara menyeluruh di 11 Kecamatan. Diprediksi intensitas curah hujan secara umum berada pada 200 hingga 300 milimeter persatu bulan. Namun terdapat daerah dengan intensitas curah hujan yang melebihi 300 milimeter, seperti di daerah bagian utara Muaro Jambi. 

"Awal musim hujan masuk di awal musim ini sekalian pancarobanya di awal November ini. Merata sama di bulan Desember tahun 2023 ini di Kabupaten Muaro Jambi intesintas hujan secara umum nanti diprediksi akan berada di 200 sampai 300 milimeter secara umum. Namun nanti ada di spot spot khusus biasanya di bagian utara di Muaro Jambi ini, biasanya akan lebih tinggi bisa lebih dari 300 milimeter perdasarian atau level tinggi,” Ujar Arif Ma’rufi Senior Forecaster BMKG stasiun Klimatologi Jambi.

BMKG juga mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap waspada dan mewanti-wanti terhadap bencana alam yang terjadi pada musim hujan. Terutama bencana banjir di daerah yang berada di dataran rendah terutama di tepian sungai. Kemudian bencana longsor dan angin kencang.

BACA JUGA:Pada Peralihan Musim Masih Ditemukan 2 Titik Panas di Kumpeh

Kategori :