Pada Peralihan Musim Masih Ditemukan 2 Titik Panas di Kumpeh

Pada Peralihan Musim Masih Ditemukan 2 Titik Panas di Kumpeh

Pada Peralihan Musim Masih Ditemukan 2 Titik Panas di Kumpeh-yasri-Jambitv

Jambitv.co, Muaro Jambi -  Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Jambi. Terhitung sejak Januari hingga akhir musim kemarau, tercatat ada 83 titik hotspot yang terpantau. 

Senior Forecaster Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Jambi, Arif Ma’rufi mengatakan. puluhan hotspot yang terpantau tersebut dengan tingkat kepercayaan sedang, yakni 30 sampai 79 persen. Sedangkan selama peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan, masih terpantau 2 titik hotspot di daerah Kumpeh.  

BACA JUGA:94 Desa di Muaro Jambi Rawan Banjir dan 29 Desa Rawan Puting Beliung

"Dari Januari sampai dengan Februari ini titik hotspot - hotspot di Kabupaten Muaro Jambi total nya berjmulah 83. Namun untuk bulan November ini sudah turun drastis, saat ini  dari tanggal 1 sampai 6 ini tinggal 2 lagi hotspot terutama di Kecamatan Kumpeh. Musim hujan saat ini cenderung akan hilang otomatis, karena memang mungkin yang terbakar itu di lahan gambut hotspot nya itu sulit untuk padam jadi. Tapi nanti kedepan jika hujan terjadi dengan cukup intens maka hotpsot ini akan berakhir dengan sendirinya,”Ujar Arif Ma’rufi Senior Forester BMKG Stasiun Klimatologi Jambi.

BMKG  juga mengingatkan  kepada masyarakat, agar tetap mewaspadai akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Pasalnya hujan yang mengguyur wilayah Muaro Jambi belum merata, dan suhu udara masih tinggi yang dapat menyebabkan munculnya titik panas. 

BACA JUGA:Waspada Banjir dan Angin Puting Beliung di Bungo, Peralihan Musim Penghujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv