Anies Tuduh Ada Titipan Dalam Proyek Strategis Nasional, Jokowi : Tunjuk Saja Proyek Mana?

Senin 02-10-2023,09:11 WIB
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Jakarta – Bakal Calon Presiden Anies Baswedan menuduh adanya titipin pada pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Tudingan tersebut disampaikan Anies saat menghadiri Rakornas Partai Masyumi.

 

Sebagaimana yang dikutip dari laman disway.id, Anies menyatakan bahwa jika penyusunan proyek tidak dilakukan secara transparan, PSN mungkin menjadi titipan pihak-pihak tertentu. Anies menyatakan bahwa PSN adalah hal yang baik, tetapi itu harus dibuat secara transparan dan melibatkan partisipasi publik.

 

"Rujukannya rencana jangka panjang, turunannya rencana jangka menengah, dan turunannya kemudian PSN. Merujuk ke sana. Namun kalau itu tak dilakukan dengan baik, PSN itu kemudian jadi titipan kanan kiri yang masuk tanpa kita ketahui bagaimana proses itu disusun," ujar Anies di Jakarta Pusat, Sabtu, 30 September 2023.

 

Namun, Anies tidak menyebutkan siapa titipan kanan-kiri yang dimaksudkannya. Sebaliknya, dia menyatakan bahwa jika ada titipan dalam proyek, masyarakatlah yang dirugikan.

 

"Dan ketika titipan kanan-kiri, konsekuensinya dirasakan oleh masyarakat. Ini kita kembali perlu luruskan, sehingga apa yang menjadi kebijakan-kebijakan itu mencerminkan tujuan awal," kata Anies.

 

Merespon pernyataan Anies Baswedan tersebut, Presiden Joko Widodo kembali mempertanyakan dasar tudingan tersebut. Jokowi bahkan terkesan menantang Anies untuk membuktikan Proyek Strategis Nasional mana yang disebutnya sebagai titipan. 

 

"Ya ditunjuk saja proyek mana? Yang nitip siapa?" kata Jokowi usai menghadiri agenda Istana Berbatik di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023 malam.

 

Kategori :