Pagi ini, Kualitas Udara di Jambi Masih Tidak Sehat di Angka 151 AQI US

Senin 02-10-2023,07:34 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Jambi – Kebijakan pemerintah meliburkan siswa pada hari ini dirasa cukup tepat. Pasalnya, dari pantauan kondisi udara Jambi pada Senin Pagi (2/10/2023), update pemantauan kualitas udara melalui laman website iqair.com, kualitas udara Jambi masih tidak sehat berada di angka 151 AQI US

 

Sementara dalam laman website tersebut tertera, tingkat polutan utama Jambi mencapai PM.2.5, dikali 11.3 nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Terkait indeks cuaca sendiri, Jambi pada Senin pagi dalam kategori awan pecah, dengan suhu 25 derajat celcius. Sementara kelembapan berada di angka 77 persen, angin 6,9 Km/H, dan tekanan 1.013 mbar.

 

Jika dilihat dari kualitas polusi udara se-Indonesia, Provinsi Jambi menduduki peringkat ke 6 dengan tingkat kualitas udara tidak sehat. Pekanbaru Riau di peringkat ke 7 kualitas udara tidak sehat, Surabaya peringkat 8, dan Tangerang peringkat ke 9.

 

Sementara untuk kualitas polusi udara terburuk Se-Indonesia tercatat terjadi di Palembang Sumatera Selatan di angka 236 AQI US, yang sangat berdekatan dengan provinsi Jambi. Kemudian di peringkat 2 polusi udara terburuk ada di Cileungsir Jawa Barat, peringkat 3 dan 4 terjadi di Serang Banten dan Jakarta.

 

Untuk kualitas udara dalam kabupaten/kota di Provinsi Jambi, Kota Jambi memiliki kualitas udara terburuk berada di angka 159, disusul Kabupaten Muaro Jambi dengan tingkat pencemaran polusi udara di angka 152.

 

Kategori :