BPBD Batanghari Masih Upayakan Alokasi Bantuan Untuk Korban Bencana Angin Puting Beliung

BPBD Batanghari Masih Upayakan Alokasi Bantuan Untuk Korban Bencana Angin Puting Beliung

BPBD Batanghari Masih Upayakan Alokasi Bantuan Untuk Korban Bencana Angin Puting Beliung-Pirdana Atrio-JambiTV

BATANGHARI, JAMBITV.CO - Pasca rusaknya puluhan unit bangunan akibat diterjang bencana angin puting beliung, BPBD Batanghari mengaku masih mengupayakan alokasi bantuan untuk para korban yang terdampak.

Bencana angin puting beliung yang terjadi pada awal pekan kemarin, tepatnya Senin sore (23/9), telah merusak sekitar 80 unit bangunan rumah maupun pondok pesantren di Kecamatan Muara Bulian dan Pemayung. 

BACA JUGA:Dampak Angin Puting Beliung, 80 Unit Bangunan di Batanghari Alami Kerusakan

Pasca dilanda bencana ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari mengaku sedang mengupayakan alokasi bantuan terhadap para korban yang terdampak.

Pengelola penanggulangan bencana, BPBD Kabupaten Batanghari Anuwar mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang menindaklanjuti hasil pendataan dan sedang berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah setempat, agar pengajuan alokasi bantuan tersebut dapat terealisasi dan disalurkan kepada para korban.

“Kami akan berusaha berkoordinasi dengan Pimpinan dan pemerintah, bagaimana usaha kita untuk menyalurkan bantuan. Saat ini sifatnya masih sementara. Tetapi bantuan yang berurusan dalam pemerintah akan menyusul berdasarkan di lapangan. Kerusakan bangunannya itu bervariasi. Setelah kami cek di lapangan, bangun itu ada yang rusaknya sifatnya rusak berat, ada yang sedang, ada juga yang ringan,” jelas Anuwar.

BACA JUGA:Dihantam Angin Puting Beliung, Sejumlah Bangunan Ponpes Ummul Masakin Ambruk, Santri Dipulangkan

Sementara pasca dilanda bencana angin puting beliung, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Batanghari bersama personil instansi terkait, juga telah dikerahkan untuk turun langsung ke setiap lokasi yang terdampak parah. 

Salah satunya membantu pihak pondok pesantren maupun pemilik rumah, untuk membersihkan puing-puing reruntuhan material bangunan yang ambruk.

Untuk diketahui, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun angin puting beliung tersebut telah mengakibatkan kerusakan parah terhadap puluhan unit bangunan khususya di bagian atap. 

BACA JUGA:94 Desa di Muaro Jambi Rawan Banjir dan 29 Desa Rawan Puting Beliung

Mayoritas kerusakan ini terjadi di Desa Kampung Pulau dan Desa Tebing tinggi, Kecamatan Pemayung, dengan jumlah total 74 unit bangunan. Sedangkan di Kecamatan Muara bulian, merusak 6 unit bangunan di Desa Sungai Buluh, Sungai Baung, dan Kelurahan Rengas Condong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: