Ratusan Hektar Lahan di Desa Rantau Panjang Hangus Terbakar, Warga Mulai Keluhkan Kabut Asap

Ratusan Hektar Lahan di Desa Rantau Panjang Hangus Terbakar, Warga Mulai Keluhkan Kabut Asap

300 hektar lahan di Desa Rantau Panjang terbakar, warga keluhkan kabut asap-Yasri Nurhadi-JambiTV

MUARO JAMBI, JAMBITV.CO - Sudah sepekan kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Rantau Panjang, Kacamatan Kumpeh, Kabupaten MUARO JAMBI. Akibatnya ratusan hektar lahan terbakar. Warga pun mulai mengeluhkan dampak kabut asap yang ditimbulkan.

Ari Meizandi Kepala Desa Rantau Panjang mengatakan, sampai saat ini kebakaran sudah menghanguskan 300 hektar di Desa Rantau Panjang. 

Akibat kebakaran tersebut, kabut asap mulai timbul dan dikeluhkan masyarakat. Pihaknya juga meminta pemerintah kabupaten muaro Jambi, terutama dinas kesehatan untuk memberikan bantuan berupa masker, dan antisipasi penyakit yang akan ditimbulkan bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:Karhutla di Sarolangun Kembali Hanguskan 2,5 Hektar Lahan

“Telah terjadi kebakaran di Desa Rantau Panjang. Udara di Rantau Panjang sudah mulai dikepung kabut asap. Tapi sampai Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi belum ada memberikan bantuan untuk masyarakat Desa Rantau Panjang. Saya selaku Kepala Desa Rantau Panjang meminta kepada Pemkab Muaro Jambi untuk segera mencarikan solusi untuk masalah ini. Jangan sampai warga tidak bisa menghirup udara bersih,” kata Ari.

Diketahui kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak Jumat 23 agustus 2024. Hingga hari ke tujuh, petugas gabungan terus berupaya melakukan pemadaman. 

Sulitnya melakukan pemadaman, membuat tim telah menerjunkan waterbombing. B

ahkan kebakaran tidak hanya terjadi di Desa Rantau Panjang, namun sudah merambat ke Desa Londerang Rondang, Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: