Jumlah Hotspot di Jambi Agustus 2024 Mencapai 167 Titik, Terbanyak di Tanjung Jabung Barat

Jumlah Hotspot di Jambi Agustus 2024 Mencapai 167 Titik, Terbanyak di Tanjung Jabung Barat

Nabila Pejabat BMKG Menjelaskan Jumlah Hotspot di Jambi tahun 2024-Nurpehatul Jannah-JambiTV

JAMBI, JAMBITV.CO – Jumlah hotspot di Jambi terus mengalami peningkatan sepanjang tahun 2024. Pada bulan Agustus, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi mencatat jumlah hotspot yang ditemukan mencapai 167 titik.

Hotspot atau titik panas yang ditemukan sepanjang Agustus 2024 ini terbanyak ditemukan di kabupaten Tanjung Jabung Barat mencapai 54 titik. Disusul kabupaten Sarolangun sebanyak 38 titik.

Dari data ini secara keseluruhan titik panas di Provinsi Jambi sejak januari sampai dengan 8 Agustus 2024 telah ditemukan sebanyak 943 titik. 

Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:Hingga Awal Agustus, 58 Titik Hotspot Terpantau di Kabupaten Tebo

Koordinator Informasi dan Data BMKG Jambi, Nabila menjelaskan, adapun titik panas ini dibagi menjadi 2 tingkat kepercayaan yakni sedang dan tinggi.

Tingkat kepercayaan sedang berada di angka 30 sampai 80 persen, serta tingkat kepercayaan tinggi di angka 80 sampai 100 persen. 

“Di bulan Agustus ini totalnya ada 167 titik. Wilayah tertinggi ada di Tanjung Jabung Barat kemudian ada di Sarolangun. Di Tanjung Jabung Barat itu totalnya ada 54 dan di kabupaten Sarolangun totalnya ada 38. Kalau untuk periode Januari sampai dengan 8 Agustus 2024, totalnya ada 943 titik panas.,” ujar Nabila.

BACA JUGA:Tim Satgas Gabungan Sidak PT. EWF, Cek Sarpras Penanggulangan Karhutla

“Dibandingkan dengan tahun 2023 untuk sekarang ini kita katakan lebih rendah daripada tahun lalu,” tambah Nabila.

Lebih lanjut Nabila menjelaskan, bahwa  titik panas yang terdeteksi belum tentu merupakan titik api. Hanya saja data titik panas ini dapat digunakan sebagai bahan informasi untuk penanganan potensi - potensi kebakaran hutan dan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: