Lahan Yang Berdekatan Dengan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Terbakar, Dandim 0416 Bute Siagakan Personel

Lahan Yang Berdekatan Dengan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Terbakar, Dandim 0416 Bute Siagakan Personel

Lahan Yang Berdekatan Dengan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Terbakar-arif-Jambitv

Jambitv.co, Tebo - Forkopimda Tebo mengecek kordinat Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Pemayungan Kecamatan Sumay Pada Rabu Sore 31 Juli. Pengecekan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Tebo ini dipimpin langsung Penjabat Bupati Tebo Varial Adhi Putra. 

Penjabat Bupati Tebo Varial Adhi Putra mengaku, lahan yang terbakar cukup luas. Bahkan sangat dekat dengan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Untuk itu, Varial meminta kepada Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI dan Polri untuk mendirikan posko dan stand by melakukan pencegahan karhutla. Khususnya di Desa Pemayungan Kecamatan Sumay, jangan sampai api merambat hingga meluas.

“Kita hari ini meninjau di desa pemayungan terkait dengan kebakaran hutan, dapat kita lihat disini begitu mirisnya terjadi pembakaran hutan di desa ini, ini bisa kita lihat luasan yang terbakar sudah cukup luas. Dan disebelah kanan bisa kita lihat ini bukit tiga puluh ini salah satu taman nasional kita,” Kata Varial Adhi Putra Penjabat Bupati Tebo.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di Batanghari Mencapai 16,21 Hektare, Ditemukan 11 Titik Api di 5 Kecamatan

Sementara itu, Komandan Kodim 0416 Bute Letkol Arief Widiyanto mengatakan, akan mendirikan posko di lokasi ini. Untuk mencegah kebakaran yang dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab. 

Ada 4 personil babinsa yang stand by di lokasi, jika ada kejadian yang sulit dikendalikan. Kodim 0416 Bute akan mengerahkan ratusan personil Kodim ke Kabupaten Tebo.

“Menetapkan posko disini, posko tersebut selain sebagai efek kepada oknum oknum masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara membakar. Juga sebagai titik gerak pangkal awal dalam rangka mendeteksi mencegah termasuk mengatasi karhutla khususnya di Desa Pemayungan Kecamatan Sumay ini. Yang saat ini 1x24 jam setiap hariny ada 4 orang, namun apabila dibutuhkan personel dari kodim sebanyak 120 personel siap digerakkan,” kata Letkol Infanteri Arief Widiyanto Dandim 0416 Bute.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di Desa Tinting Belum Padam, Sudah 3 Hari Petugas Masih Berjibaku Padamkan Api

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv