Warga Takut Jembatan Aurduri 1 Roboh Pasca Ditabrak Tongkang Batu Bara, Warga Minta Buatkan Jembatan Duplikat

Warga Takut Jembatan Aurduri 1 Roboh Pasca Ditabrak Tongkang Batu Bara, Warga Minta Buatkan Jembatan Duplikat

Warga Takut Jembatan Aurduri 1 Roboh Pasca Ditabrak Tongkang Batu Bara, Warga Minta Buatkan Jembatan Duplikat--

Jambitv.co, KotaJambi – Pasca insiden kapal tongkang batu bara menabrak jembatan Aurduri 1, warga setempat dan sejumlah pengendara mengaku takut untuk melintas. Warga khawatir jembatan tidak lagi kokoh, karena besi penyangga patah dan tenggelam pasca insiden tersebut.

Ahmad Zulkifli, Ketua RT 04, kelurahan Teluk Kenali mengatakan, insiden tabrakan tersebut terjadi pada Senin siang (13/05/2024). Pasca tabrakan itu, arus lalu lintas menjadi macet parah dan banyak mobil-mobil bertonase besar terjebak. Zulkifli mengaku warga sangat takut jembatan tersebut rubuh.

BACA JUGA:Kapal Tongkang Batu Bara Tabrak Jembatan Aurduri 1, Besi Penyangga Patah dan Tenggelam

“Kejadiannya jam 12 lewatlah. Arus lalu lintas pada saat itu lagi macet pak, mobil yang melintas muatannya besar. Kito khawatir kalau jembatan ini goyang, rubuh pak jembatan ini. Kami sangat takut pak, karena jembatan kami ini sudah tua,” ujar Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan, sejak jembatan dibangun era Presiden Soeharto kondisi jembatan saat ini sudah semakin tua. Bahkan untuk mengantisipasi jembatan, sempat ada wacana akan dibangun jembatan duplikat di samping jembatan Aurduri 1. 

BACA JUGA:Jembatan Aurduri 1 Ditabrak Tongkang Batu Bara, 3 Jalur Menuju Jembatan Macet Parah

Namun sayang, wacana tersebut tidak terealisasi. Meskipun pernah ada pemasangan tiang pancang untuk jembatan duplikat tersebut, tetap saja tidak ada realisasinya sampai saat ini.

“Sejak jaman Pak Harto diresmikan, seharusnya jembatan ini sudah dibuat jembatan duplikat. Dulu sempat ada wacana bangun jembatan duplikat disini, tetapi hanya wacana. Bahkan sudah sampai tiang pancang kedalaman, tetapi sampai sekarang tidak ada realisasinya,” pungkas Zulkifli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id