Diguyur Hujan Deras, Belasan Rumah Warga di Muara Bulian Terendam Banjir

Diguyur Hujan Deras, Belasan Rumah Warga di Muara Bulian Terendam Banjir

Diguyur Hujan Deras, Belasan Rumah Warga di Muara Bulian Terendam Banjir (Foto: Pirdana Atrio // JambiTV) --

Jambitv.co, Batanghari - Akibat diguyur hujan deras sejak Kamis malam, hingga Jum'at dini hari tadi (10/05/2024). Belasan unit rumah warga yang berlokasi di Simpang Kemang tepatnya RT. 13/RW. 03 Kelurahan Rengas Condong, terdampak hingga terendam banjir.

 

Menurut Ketua RT.13 Kelurahan Rengas Condong, Nardi. Setidaknya ada sekitar 11 unit rumah warga di Simpang Kemang yang langganan terendam banjir. Peristiwa ini kerap terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah setempat.

 

“Dari hujan yang berjam-jam atau berhari-hari itu penyebab awalnya. Selama saya ngurus RT ini, sudah masuk yang ke tiga kalinya terjadi banjir,” kata Nardi, Jum'at (10/05/2024).

 

Selain akibat diguyur hujan deras, lanjut Nardi. Belasan unit rumah warga yang terdampak banjir ini, dipicu akibat sistem drainase atau saluran pembuangan air yang tidak berjalan dengan normal. Kondisi ini diketahui karena drainase di kawasan permukiman tersebut tersumbat.

 

“Pembuangan saluran air disini posisinya sementara tersumbat, atau tertimbun oleh warga yang buat rumah disitu. Sehingga saluran atau jalan untuk pembuangan air tidak ada atau tertutup. Sementara  jalur dua arah jalan Gajah Mada menuju depan Mapolres. Kalau tidak salah Gorong-gorongnya telah ditutup, waktu itu pembuatan jalan kalau tidak salah,” ungkapnya. 

 

Akibat bencana banjir ini, ketinggian air yang menggenangi rumah warga di Kelurahan Rengas Condong tersebut, diperkirakan mencapai 75 CM. dengan demikian, Nardi meminta bantuan pihak Pemkab Batanghari untuk mencari solusi guna menangani persoalan ini. 

 

Selain di Kelurahan Rengas Condong, banjir dadakan ini juga dialami sejumlah warga di RT. 05 Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muara Bulian. Setidaknya ada sekitar delapan unit rumah yang langganan terdampak dan terendam banjir, setelah diguyur hujan deras.

 

Banjir dadakan ini juga terjadi akibat saluran pembuangan air yang tidak berjalan dengan normal atau tersumbat. Kondisi ini dipicu karena kurangnya kesadaran warga untuk membersihkan saluran air di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id