100 Orang Warga Kabupaten Batanghari Dinyatakan Mengidap TBC

100 Orang Warga Kabupaten Batanghari Dinyatakan Mengidap TBC

100 Orang Warga Kabupaten Batanghari Dinyatakan Mengidap TBC-Pirdana Atrio-JambiTV

Jambitv.co, Batanghari - Di tahun 2024 ini, ratusan warga di Kabupaten Batanghari dinyatakan mengidap penyakit Tuberculosis atau TBC. Dinas kesehatan kini tengah berupaya menekan angka kasus penyakit menular ini.

Penyebaran penyakit Tuberculosis atau TBC, sampai saat ini masih ditemukan di Kabupaten Batanghari. Bahkan berdasarkan data Dinas kesehatan terhitung sejak Januari sampai akhir April 2024, sekitar 100 orang warga di daerah setempat dinyatakan menderita penyakit TBC.

BACA JUGA:304 Orang Warga Batanghari Terjangkit TBC

Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Wendrawati mengatakan, bahwa ratusan orang yang menderita TBC tersebut, ditemukan dari 18 puskesmas yang tersebar di delapan kecamatan. Berdasarkan hasil serangkaian pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang menjalani pengobatan. Para penderita ini, mayoritas warga yang sudah lanjut usia atau lansia.

“Pada tahun 2024 ini, kita menemukan ada TB baru itu sebanyak 100 kasus. Sementara tahun 2023 kemarin ada 540 kasus TB yang ada di Kabupaten Batanghari. Jadi ini memang PR kami yang harus kami berupaya keras, bagaimana angka ini bisa kita tekan. Kita tingkatkan screeningnya kemudian berharap dengan sangat kasusnya menurun,” jelas Wendrawati.

BACA JUGA:Jumlah Penderita TBC Meningkat, Dianjurkan Jalani Pengobatan Selama 6 Bulan

Jumlah kasus penyakit TBC ini menjadi perhatian bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari. Sehingga para penderita langsung dilakukan penanganan untuk menjalani serangkaian pengobatan lebih kurang enam bulan. Selain itu upaya pencegahan juga terus digencarkan, karena penyakit ini diketahui dapat menularkan bakteri melalui bersin, batuk, maupun saat berbicara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: