Peralihan Musim, 1 Titik Api Kebakaran Lahan Ditemukan di Muaro Jambi

Peralihan Musim, 1 Titik Api Kebakaran Lahan Ditemukan di Muaro Jambi

Peralihan Musim, 1 Titik Api Kebakaran Lahan Ditemukan di Muaro Jambi-yasri-Jambitv

Jambitv.co, Muaro Jambi -  Badan Penanggulangan  Bencana Daerah  Kabupaten Muaro Jambi mencatat. Pada  tahun 2024 ini terdapat 1 kasus kebakaran  lahan dan hutan. Kebakaran  di duga disebabkan oleh kelalaian dan ulah tangan manusia.

Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Jambi memprediksi, wilayah Muaro Jambi kini berada pada peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau. Meski masih sering hujan, namun Bpbd Muaro Jambi mencatat ada 1 kasus kebakaran hutan dan lahan. 

Plt Kalaksa Bpbd Kabupaten Muaro Alias mengatakan, berdasarkan  pantauan TRC di lapangan. Sudah ditemukan 1 titik api yang terjadi di Ratau Panjang Kecamatan Kumpeh pada Sabtu 13 April 2024 lalu. Beruntung  api padam karena hujan deras yang menguyur  wilayah  Muaro Jambi.

BACA JUGA:Catatan Kasus Kebakaran, 7 Rumah di Sarolangun Ludes Dilalap Si Jago Merah

"Dari laporan tim TRC Kabupaten Muaro Jambi, kita mendapatkan laporan bahwa telah terjadi 1 titik api di desa rantau panjang, tepatnya di seberang desa rantau panjang kecamatan kumpeh pada tanggal 13 april 2024 yang lalu Atau hari sabtu. Dan almdulillah berkat curah hujan yang intensitas cukup lumayan tinggi sehingga potensi yang lebih besar lagi bisa di minimalisir,” Ungkap Alias Plt Kalaksa Bpbd Muaro Jambi.

Sementara api muncul diduga karena masyarakat yang melakukan aktivitas memancing dan sembarangan membuang api puntung rokok. Selain itu luasan lahan terbakar yang merupakan lahan kosong ini diperkirakan lebih kurang 1 tumbuk lahan. 

BPBD Muaro Jambi menghimbau  kepada masyarakat, agar waspada  kebakaran hutan dan lahan. Dan jangan  membuka lahan dengan cara membakar, karena ada sanksi pidana dan dendanya.

BACA JUGA:6 Kasus Kebakaran Rumah Terjadi di Muaro Jambi, Ini Penyebabnya!!!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv