Wisata Air Terjun 86 Riau Hanya 4 Jam dari Jambi, Wisata Alami Dijamin Bikin Nagih

Wisata Air Terjun 86 Riau Hanya 4 Jam dari Jambi, Wisata Alami Dijamin Bikin Nagih

Wisata Air Terjun 86 Riau Hanya 4 Jam dari Jambi, Wisata Alami Dijamin Bikin Nagih-Foto : Andika/Agus-JambiTV

Jambitv.co, Riau Jika anda sedang berlibur ke Riau atau tepatnya di Kabupaten Indragiri Hilir, sangat sayang jika melewatkan keindahan wisata air terjun 86. wisata air terjun yang masih alami ini terletak di Dusun Pandowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Diberi nama air terjun 86 karena memang lokasinya terletak di Km 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera.

Jika anda ingin ke lokasi air terjun ini dari Kota Jambi, maka sedikitnya akan menghabiskan waktu perjalanan darat menggunakan mobil sekitar 4 jam perjalanan. Berangkat dari Kota Jambi ke arah Sengeti Muaro Jambi, selanjutnya melintasi wilayah Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat menuju Riau.

Setelah anda tiba di Kecamatan Kemuning desa Kerintang, perhatikan di sebelah kanan jalan akan ada Gapura kecil berbentuk tugu di sisi kiri dan kanannya yang di Cat berwarna merah dan kuning. Tugu bertuliskan “wisata air terjun 86”.

BACA JUGA:60 Ribu Orang Kunjungi Wisata Danau Kerinci Saat Libur Lebaran, Pengelola Sampai Undang Artis Ibukota


Bermain Air Terjun 86 Riau-Foto : Andika-

Sebaiknya Gunakan Sepeda Motor atau Mobil Jenis Jeep

Nah keseruannya akan dimulai dari sini. Jika anda menggunakan mobil selain mobil tinggi jenis Jeep, sebaiknya mencari tempat penyewaan sepeda motor. Karena setelah memasuki gapura ini, kita akan dihadapkan dengan tantangan jalur perjalanan yang cukup ekstrem. 

Menggunakan sepeda motor adalah pilihan yang tepat, karena banyak jalan yang rusak dan berlobang yang cukup dalam karena memang belum ada pengaspalan. Dari gapura menuju lokasi air terjun kita akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit. 

Jika ingin tetap menggunakan mobil, maka pilihan terbaik adalah menggunakan mobil Jeep atau yang mobil tinggi yang tidak mudah nyangkut di jalan rusak. Ada sekitar 5 titik yang cukup ekstrem, jika menggunakan mobil minibus akan sangat kesulitan melewatinya.

Namun tenang saja, setelah berhasil melewati rintangan jalan yang ekstrem tersebut. Semua rasa lelah akan dibayar lunas dengan pemandangan Air Terjun 86 setinggi 50 meter. Karena lokasi air terjun ini berada di perbukitan, maka suasananya pun sangat sejuk dan nyaman untuk berwisata.

Pada Minggu, 14 April 2024, harga tiket masuk ke objek wisata air terjun ini tidak mahal. Cukup membayar Rp 10 ribu perorang sudah termasuk biaya parkir kendaraan sepeda motor. Setelah itu kita akan menuruni tangga yang cukup tinggi ke bawah untuk bisa sampai ke muka air terjun.

Air terjun 86 Riau ini memiliki pesona keindahan yang masih sangat alami, selain karena kurang terawat, suasana disekitar air terjun yang masih ditutupi pepohonan rindang, membuat pengunjung bisa dengan nyaman beristirahat. Menikmati deburan air setinggi 50 meter yang dipadukan dengan bagian bawah air terjun tersusun bangunan dinding yang terbuat dari batu alam, sangat eksotik sekali.

Ditambah lagi, ada satu anak air terjun lagi di lokasi tersebut, yang jaraknya tidak begitu jauh dan bisa dinikmati oleh anak-anak atau pengunjung yang kurang nyaman dengan air terjun utamanya.

Bagi kamu yang bisa berenang atau suka bermain air, di lokasi wisata ini ada pengelola yang merupakan masyarakat setempat, telah menyediakan Ban untuk sarana bermain air. Sebagian lokasi air terjun ini cukup dangkal, namun jika mendekati pusat air terjunnya maka membutuhkan ban pelampung agar tidak tenggelam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id