Debit Air Sungai Di Kabupaten Batanghari Kembali Naik Ke Level Siaga Awas

Debit Air Sungai Di Kabupaten Batanghari Kembali Naik Ke Level Siaga Awas

Debit Air Sungai Di Kabupaten Batanghari Kembali Naik Ke Level Siaga Awas-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Saat ini tinggi muka air sungai di Kabupaten Batanghari kembali meningkat signfikan dan kembali naik ke level siaga awas. BPBD meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir.

Penurunan debit air sungai di Kabupaten Batanghari ternyata tidak berlangsung lama. Sebab setelah turun ke level siaga persiapan, kini tinggi muka air atau tma sungai kembali naik signifikan, hingga kembali berada di level siaga awas.

BACA JUGA:Kondisi Tanah Tebing Sungai Sangat Labil, Warga Batanghari Diimbau Waspada Longsor

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari Ansori mengatakan. Berdasarkan hasil pantauan Tim Reaksi Cepat BPBD melalui Alat Pengukur Ketinggian Air atau APKA pada selasa 20 februari 2024. Tinggi muka air sungai sudah mencapai angka 314 centimeter.

“Sudah memang sudah di kondisi sekarang naik dari 301 kemarin sekarang 314, berarti ada kenaikan sekitar 13 CM. Nah kalau pemantauan yang jelas tentunya sopnya kami juga terus berjalan, dimana jika ada ketinggian air naik yang menjadikan masalah. Tentunya kami akan mengecek lokasi,” Kata Ansori Kalaksa Bpbd Batanghari.

Kenaikan debit air sungai ini diperkirakan mencapai hampir satu meter atau sekitar 96 centimeter dibanding beberapa hari lalu. Sebab pada jum’at sore pekan lalu tepatnya 16 Februari 2024, tinggi muka air sungai sempat menyusut hingga berada diangka 218 centimeter atau turun ke level siaga persiapan.

BACA JUGA:Debit Air Sungai Semakin Surut, BPBD Pastikan Status Tanggap Darurat Belum Dicabut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv