9 Kotak Suara di Tebo Rusak Saat Proses Distribusi, Bawaslu Minta KPU Segera Ganti Kotak Suara

9 Kotak Suara di Tebo Rusak Saat Proses Distribusi, Bawaslu Minta KPU Segera Ganti Kotak Suara

9 Kotak Suara di Tebo Rusak Saat Proses Distribusi, Bawaslu Minta KPU Segera Ganti Kotak Suara-Arief Rizal-JambiTV

Jambitv.co, Tebo – Dalam proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Tebo, ditemukan ada 9 kotak suara yang dinyatakan rusak karena basah dan lembab. Temuan kotak suara rusak tersebut diantaranya terjadi di PPK kecamatan Sumay 2 kotak, tepatnya di TPS 002 dan TPS 007 PPS Desa Tuo Sumay.

Kemudian juga ditemukan 4 kotak suara rusak untuk PPK kecamatan VII Koto. Lalu 3 kotak suara di VII Koto Ilir basah akibat resapan minyak dari mobil yang mengangkutnya. 

Pimpinan Bawaslu Tebo Robinas mengatakan, pihaknya telah menyurati KPU Tebo untuk melakukan pergantian kotak suara tersebut. Bawaslu juga meminta KPU agar menggunakan kendaraan standar dalam mendistribusikan logistik pemilu, sehingga  tidak merusak logistik. 

BACA JUGA:Kpu Tebo Libatkan Belasan Warga Untuk Merakit Kotak Suara Pemilu 2024

“Kami meminta KPU untuk mengganti kotak tersebut, di Sumay ada 2 kotak, kemudian di VII Koto ada 4 kotak. Namun hanya kotak yang rusak, isi di dalamnnya aman karena dibungkus plastik,” ujar Robinas.

Selain itu, Robinas mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyurati KPU terkait standarisasi kendaraan yang digunakan untuk mengangkut logistik ini. Karena Bawaslu juga masih menemukan lantai kendaraan yang mengangkut logistik dalam keadaan basah.

“Berdasarkan itu kami juga menyurati KPU terkait standarisasi kendaraan. Ada beberapa kendaraan itu yang kami temukan lantainya basah. Karena mobil ini kan dicari oleh PPK masing-masing, mungkin mobil bekas bawa sawit sehingga merusak logistik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id