Kawasan Wisata Candi Muaro Jambi Terendam Banjir, Pengunjung Menurun

Kawasan Wisata Candi Muaro Jambi Terendam Banjir, Pengunjung Menurun

Kawasan Wisata Candi Muaro Jambi Terendam Banjir, Pengunjung Menurun-yasri-Jambitv

Jambitv.co, Muaro Jambi - Bencana banjir di wilayah Muaro Jambi sampai saat ini terus meluas. Bahkan  kini mulai merendam dan memasuki pelataran situs percandian candi muaro jambi.

musibah  banjir  di wilayah Muaro Jambi pada Sabtu Kemarin 20 Januari 2024 telah memasuki wilayah bersejarah Situs percandian muaro jambi. Seperti di lokasi candi kedaton yang telah ditutup oleh pengelola akibat terendam banjir hingga setinggi satu meter  disekitar pelataran candi. 

Tak hanya itu, disisi utara lokasi situs percandian candi batu kembar juga telah dikepung oleh banjir luapan sungai batanghari. Yang telah terjadi selama satu pekan lebih.

BACA JUGA:Dampak Bencana Banjir, Puluhan Warga di Penyengat Olak Mulai Terserang Penyakit  

Mursalin selaku pengelola Candi Muaro Jambi menyebut, akibat bencana banjir ini tingkat kunjungan wisatawan menjadi menurun alias sepi. Biasanya dihari libur seperti sabtu dan minggu pengunjung mencapai sekitar 300 orang atau bahkan lebih. Namun kini hanya sekitar seratus hingga dua ratus pengunjung saja.

“Menurun pak, karena sebagian lokasi candi ada yang banjir, kalau hari libur sabtu minggu ni biasanya adalah sekitar perharinya 300 untuk sekarang ini 190 paling tinggi 200, biasanya orang bersepeda, sekarang ini untuk sepeda kesana kesini sudah terendam semua,” Kata Mursalin Pengelola Candi Muaro Jambi. 

BACA JUGA:162 Lokasi TPS Pemilu 2024 di Batanghari Terendam Banjir

Hal senada juga di sampaikan  Arbain salah satu petugas kebersihan Candi Muaro jambi. Dirinya mengatakan, saat ini kondisi sekitar Candi Kembar Batu juga telah terendam banjir setinggi satu meter. 

Sehingga pengunjung candi kembar batu yang merupakan salah satu  area dengan situs bersejarah candi muaro jambi menjadi sepi pengunjung akibat dikepung banjir.

“Kalau mulai masuk ke pelataran jandi ini pak sudah satu minggu sudah ini pak, ini pelataran candi kembar batu air sudah masuk, sekitar satu meteran ini pak di sekelilingnya,” Kata Arbain Petugas Kebersihan Candi Muaro Jambi.

BACA JUGA:Banjir Semakin Meluas, 69 Sekolah di Tujuh Kecamatan Terendam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambi tv