Waspada Banjir di Batanghari, Tinggi Muka Air Sungai Sudah Mencapai 281cm dan Terus Meningkat

Waspada Banjir di Batanghari, Tinggi Muka Air Sungai Sudah Mencapai 281cm dan Terus Meningkat

Waspada Banjir di Batanghari, Tinggi Muka Air Sungai Sudah Mencapai 281cm dan Terus Meningkat-Pirdana Atrio-JambiTV

Jambitv.co, Batanghari – Masyarakat dihimbau waspada banjir di Batanghari. Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kabupaten Batanghari, membuat debit air sungai mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan berdasarkan hasil pantauan tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, pada Rabu pagi 27 Desember 2023, tinggi muka air sungai naik menjadi 281 sentimeter. 

BACA JUGA:Gawat !!! Banjir Kiriman Bungo Sudah Sampai ke Tebo, Puluhan Rumah di Desa Aburan Terendam

Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Batanghari, Bebi Andihara mengatakan, bahwa posisi tinggi muka air saat ini sudah berada di level siaga persiapan atau meningkat dari level waspada. Dimana dari hasil pantauan, peningkatan debit air sungai ini sudah berlangsung sejak 16 desember 2023 lalu. 

BACA JUGA:Banjir Melanda Bungo, 40 Ribu Warga Sudah Mengungsi

“Dari hari Minggu kemarin tinggi muka air sungai 272 sentimeter. Sekarang sudah naik menjadi 281 sentimeter. Kenaikan debit air ini sudah terjadi sejak tanggal 16 Desember 2023. Curah hujan juga sudah mulai meningkat, dan ini menambah peningkatan debit air sungai,” ujar Bebi Andihara, Kalaksa BPBD Batanghari.

BACA JUGA:Sungai Batang Merao Kerinci Meluap, Akses Jalan Putus dan Ratusan Rumah Terendam Banjir

Menurut Bebi, peningkatan debit air disepanjang aliran sungai batanghari tersebut terjadi dalam kurun waktu 10 sampai 14 jam. Sehingga dengan kondisi ini, masyarakat diminta untuk tetap waspada meluapnya air sungai yang dapat berpotensi terjadinya bencana banjir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id