9 Langkah Menghilangkan Kutu pada Anak, Pencegahan Lebih Baik Daripada Mengobati

9 Langkah Menghilangkan Kutu pada Anak, Pencegahan Lebih Baik Daripada Mengobati

9 Langkah Menghilangkan Kutu pada Anak, Pencegahan Lebih Baik Daripada Mengobati--pixabay

Jambitv.co, Jambi – Jika anak kutuan, maka penting mengambil langkah menghilangkan kutu pada anak dengan cara yang cepat dan tepat. Jangan dibiarkan, karena kutu dapat berkembang biak dan menulari orang lain.

Berikut 9 langkah menghilangkan kutu pada anak, langkah pencegahan jauh lebih baik :

BACA JUGA:9 Langkah Mencegah Anak Kutuan dan Kenali Cara Penularannya

1. Sampo Anti-kutu:

Gunakan sampo anti-kutu yang aman untuk anak-anak. Pilih produk yang sesuai dengan usia anak dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan cermat. Beberapa sampo mengandung bahan kimia yang efektif dalam membunuh kutu.

2. Sisir Kutu:

Setelah mencuci rambut dengan sampo anti-kutu, gunakan sisir khusus kutu untuk menghilangkan kutu dan telurnya (jajannya). Sisir ini memiliki gigi yang sangat rapat sehingga dapat mengangkat kutu dan telurnya dari rambut.

3. Cuci Pakaian dan Barang-barang:

Cuci semua pakaian, handuk, dan linen tempat tidur anak dengan air panas. Pastikan juga untuk membersihkan atau menyisir semua barang-barang yang mungkin terinfeksi kutu, seperti sikat rambut, topi, dan mainan.

4. Vakum Rumah:

Vakum semua area tempat anak beraktivitas, terutama area tidur dan sofa. Fokus pada menyedot kutu dan telurnya yang mungkin jatuh di permukaan.

5. Pengendalian Lingkungan:

Hindari kontak dekat dengan anak-anak lain sampai kutu benar-benar hilang. Kutu biasanya menyebar melalui kontak fisik dekat.

BACA JUGA:7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: