9 Langkah Mencegah Anak Kutuan dan Kenali Cara Penularannya

9 Langkah Mencegah Anak Kutuan dan Kenali Cara Penularannya

9 Langkah Mencegah Anak Kutuan dan Kenali Cara Penularannya--pixabay

Jambitv.co, Jambi – Penting menjaga kesehatan anak mulai dari rambut sampai ujung kaki. Salah satunya, mencegah anak kutuan atau kutu rambut yang dapat menyebabkan gatal di kulit kepala. Berhati-hatilah dalam menjaga kesehatan rambut anak, khususnya bagi anak perempuan. Kutu akan dengan mudah dan cepat menular dari satu penderita ke penderita yang lain.

Kutu Rambut dalam bahasa latinnya disebut Pediculus Humanus Capitis. Kutu rambut akan menyerang kulit kepala manusia dan makan darah dari pembuluh darah di kulit kepala. Karakteristik Kutu rambut dewasa berukuran kecil, sekitar 2-3 mm dan berwarna abu-abu hingga coklat gelap. Telurnya, yang disebut nit, menempel pada batang rambut.

BACA JUGA:7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi

Untuk mencegah anak kutuan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan :

1. Hindari Kontak Kepala dengan Kepala:

Anak-anak sebaiknya diajarkan untuk menghindari kontak kepala dengan kepala anak lain, terutama saat bermain atau berinteraksi dekat.

2. Jangan Berbagi Barang Pribadi:

Anak-anak tidak seharusnya berbagi barang pribadi seperti sikat rambut, topi, handuk, atau bantal dengan teman-teman mereka.

3. Selalu Menjaga Kebersihan Pribadi:

Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan pribadi mereka, termasuk mencuci rambut secara teratur dan menggunakan barang-barang pribadi mereka sendiri.

4. Perhatikan Kondisi Lingkungan:

Hindari tempat-tempat atau area yang mungkin terinfeksi kutu. Ini bisa termasuk menghindari penggunaan bersama topi di pusat bermain atau berhati-hati dengan pakaian yang digunakan di tempat-tempat umum.

BACA JUGA:6 Tips Menambah Berat Badan Agar Tubuh Menjadi Semakin Sehat

5. Cuci Pakaian dan Barang Pribadi dengan Rutin:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: