Angka Pengangguran 2023 di Tebo Bertambah 200 Orang

Angka Pengangguran 2023 di Tebo Bertambah 200 Orang

Angka Pengangguran 2023 di Tebo Bertambah 200 Orang-arif-Jambitv

Jambitv.co, Tebo - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Tebo mengaku, jumlah pengangguran di tebo pada tahun ini meningkat. Meskipun bulan pada tahun ini belum berakhir. Namun Kabid Tenaga Kerja Kabupaten Tebo mengklaim kenaikan masih di bawah Provinsi Jambi.

Data dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja atau Disperindag Naker Kabupaten Tebo. Jumlah pengangguran pada bulan Oktober Tahun 2023 mencapai 5.706 jiwa. Sedangkan pada Desember Tahun 2022 lalu 5.506 jiwa.

Saat di konfirmasi, Kabid Naker Kabupaten Tebo Ali Bato mengatakan, angka pengangguran terjadi peningkatan 200 jiwa. Jika di persentasekan 1, 71 persen.

BACA JUGA:1.325 Warga di Batanghari Masih Mencari Kerja

Diakui Ali Bato, meskipun terjadi kenaikan namun jika di persentasekan Kabupaten Tebo masih rendah dibandingkan Provinsi Jambi. Yang angka penganggurannya meningkatkan mencapai 4,53 persen. Sedangkan untuk rentang usia pengangguran di Kabupaten Tebo, bervariasi mulai dari 18 tahun hingga 35 tahun.

Lanjut Ali Bato, angka pengangguran ini di dapatkan, berdasarkan surat pencari kerja yang dibuat masyarakat yang ingin melamar kerja. Jika surat ini tidak kembali sampai batas waktu 6 bulan berarti mereka belum bisa mendapatkan pekerjaan. Namun jika kembali, berarti mereka telah diterima di tempat kerja. 

BACA JUGA:Tenaga Kerja di Perusahaan Kabupaten Batanghari Masih Dikuasai TKA

Disperindag Naker Tebo sendiri, telah membantu pencaker ini mencari kerja dengan menempelkan selebaran lowongan kerja di kantor dan juga tempat lainnya. Agar memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi pekerjaan.

“Usianya bervariasi jadi usi 18-35 tahun kebanyakan itu, karena memang kita disperindag naker punya catatan itu kekita mereka mengurus Ak 1. Tetapi kita terus berusaha untuk menyalurkan mereka menempatkan mereka melalui pengantar kerja kita dengan lowongan-lowongan kerja yang ada,” Ali Bato Kabid Naker Kabupaten Tebo.

BACA JUGA:DPRD Provinsi Jambi Susun Ranperda Inisiatif Tenaga Kerja Provinsi Jambi, Fokus Pada 3 Indikator

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv