5 Tips Melakukan Senam Aerobik Mandiri di Rumah

5 Tips Melakukan Senam Aerobik Mandiri di Rumah

5 Tips Melakukan Senam Aerobik Mandiri di Rumah-andrea-piacquadio-pexels

Jambitv.co – Senam aerobik mandiri di rumah dapat kamu lakukan dengan mempelajari persiapan dan pemanasan awal. Dengan melakukan persiapan yang benar dan pemanasan yang baik, maka Senam aerobik yang dilakukan akan terasa lebih bermanfaat.

Mengenal senam aerobik : Senam merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan karena tidak membutuhkan banyak alat yang ribet dan hanya menyiapkan fisik serta tubuh yang fit untuk melakukannya. Rata-rata senam memang menjadi olahraga favoritnya kaum hawa, namun ada beberapa lelaki yang mau mengikuti senam. 

BACA JUGA:5 Teknik Mendayung Perahu Dalam Olahraga Dayung

Senam aerobik sendiri merupakan senam yang gerakannya memiliki pola dan diikuti dengan irama music dan tentunya memiliki ritme, kesinambungan dan durasi tertentu. Untuk itu bagi yang ingin mencoba senam aerobik ini adapun tips dan cara yang harus diikuti sebagai berikut :

BACA JUGA:5 Tips Belajar Olahraga Berkuda Untuk Pemula, Harus Berani dan Tenang

1. Tentukan Senam Aerobik yang Diinginkan 

Jenis latihan aerobik ada dua yaitu latihan bertema dan latihan bertarget. Latiha bertema itu mencakupi boot camp, tarian salsa, hip-hop dan lain-lain. Sedangkan latihan bertarget mencakupi aerobik untuk manula, pria, ibu hamil dan lain-lain. 

2. Pengunaan Baju Olahraga yang Nyaman

Dalam senam apalagi aerobik kita harus pandai memilih baju yang nyaman dan bisa membuat kita bergerak dengan mudah dan bebas jangan sampai Kita memakai baju yang kaku sehingga membuat kesulitan bergerak . Jika belum memiliki baju senam Kita bisa menggunakan baju kaus dan celana pendek yang jelas akan mempermudah jalannya keluar keringat dan tidak lupa untuk mengenakan sepatu olahraga.

3. Siapkan Tempat yang Luas dan Lapang

Ketika senam harus membuat kita untuk merentangkan kedua tangan, menendang, melebarkan kaki, menganyukan lengan dan beberapa gerakan yang tentunya akan membutuhkan tempat yang luas agar tidak terganggu atau terhalang karena hal lain maka dari itu kita perlu ruangan yang luas dan diberi jarak jika ada benda-benda lain kalo bisa ruangan yang kosong.

4. Gunakan Irama Music atau Lagu Favorit

Karena Kita melakukan senam ini dengan mandiri maka Kita harus menggunakan music favorit Kita agar meningkatkan efesiensi latihan kita. Karena tujuan utama dari latihan aerobik ini adalah mempercepat irama detak jantung maka pilihlah music favorit Kita yang berirama cepat supaya dengan itu Kita berusaha menyelaraskan gerakan dengan irama hentakan dalam lagu.

5. Lakukan Gerakan Peregangan Otot dan Pemasanan Sebelum Memulai 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: