Bank Sampah 'Sihkumbang' Resmi Beroperasi di Kota Jambi

Bank Sampah 'Sihkumbang' Resmi Beroperasi di Kota Jambi

Bank Sampah “Sihkumbang” Resmi Beroperasi di Kota Jambi-Nur Pehatul Jannah-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, KotaJambi - Bank Sampah Sihkumbang resmi hadir di Jambi. Bank Sampah Sihkumbang hadir dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pemanfaatan dan pengelolaan sampah, baik organik maupun non organik. 

Bank Sampah Sihkumbang yang merupakan singkatan dari bersihkan, kumpulkan, dan timbang, secara resmi hadir di Jambi. Tepatnya di Kelurahan Eka Jaya, Paal Merah , Kota Jambi

BACA JUGA:PTK Kembangkan Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Bersih Melalui Desa Energi Berdikari di Jambi

Bank Sampah ini merupakan wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan, serta mengelola sampah organik maupun organik, menjadi barang yang berguna bahkan memiliki daya jual. Selain itu, dengan diresmikannya Bank Sampah Sihkumbang ini dapat membantu pergerakkan ekonomi Jambi dan mengurangi angka pengangguran.

BACA JUGA:TPS Jalan Protokol Akan Dihapus, RT Akan Diberikan Sarpras Untuk Pengambilan Sampah

“Pada hari ini kami sesuai dengan misi Bank Sampah Sihkumbang adalah bahwasanya sampahku adalah tanggung jawabku, dan kebersihan adalah investasi. Kami ingin menularkan sebanyak - banyaknya, seluas - luasnya kepada masyarakat gerakan ayokpilah-memilah sampah dari rumah, karena semua jenis sampah itu sebenarnya ada nilai tambah yang bisa kita perbuat untuk bisa menjadi salah satu peningkatan ekonomi keluarga. Harapannya Bank Sampah Sihkumbang bisa berguna lebih banyak lagi,” ujar Sugianto, Direktur Bank Sampah Sihkumbang.

BACA JUGA:Rencana Induk Pengolahan Sampah, Pemkot Jambi Akan Bentuk 6 Zona PDU

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Ardi mengapresiasi Bank Sampah Sihkumbang ini, dan berharap ke depan dapat menjadi bank induk dan membangun bank sampah unit. Mengingat ke depan, Pemkot Jambi juga akan memberlakukan edaran dimana setiap RT wajib memiliki bank sampah.

“Dan kedepan kita berharap, Bank Sampah Sihkumbang ini bisa menularkan pemikiran-pemikiran atau inovasi-inovasinya ini. Dan menjadi satu bank sampah induk dan membangun bank sampah unit yang ada dibawahnya nanti. Serta menjadi bimbingan dari Bank Sampah Sihkumbang ini. Harapan kita itu, karena juga Pemerintah Kota Jambi dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan edaran terkait dengan, akan ditetapkannya setiap RT wajib memilki bank sampah. nahitu nanti akan dikeluarkan edaranya di akhir tahun ini,” pungkas Ardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: