Sidak Intake Sijenjang, Komisi II Usulkan Bangun Intake Baru

Sidak Intake Sijenjang, Komisi II Usulkan Bangun Intake Baru

Komisi II sidak Intake sijenjang-Agus tri-Jambitv.co

Jambitv.co - Komisi II DPRD Kota Jambi mengusulkan pembangunan intake baru, usai melakukan sidak di intake Sijenjang milik Perumda Tirta Mayang, Kota Jambi, selasa (24/10).

 

Dari hasil turun lapangan yang dilakukan Komisi II, diketahui intake tersebut hanya mampu medistribusikan air 160 liter per detik, dari kapsitas seharusnya 300 liter per detik.

 

"Ini ada masalah, yang kita lihat dan keterangan dari pihak Perumdam Tirta Mayang hanya 160 liter per detik," ujar Ketua Komisi II Junedi Singarimbun.

 

Turunya produksi air tersebut dipengaruhi kondisi muka air Sungai Batanghari (air baku) yang surut selama musim kemarau ini.

 

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Kantongi Rp 15,4 Miliar Dari 78 Ribu Peserta

 

BACA JUGA:Sudah Dianggap Keluarga, Pembunuh Gadis 18 Tahun Sering Makan dan Minum di Rumah Korban

 

“Karena intake tersebut masih sistem intake kering, belum menggunakan dermaga,” sebut Junedi.

 

Untuk itu Komisi II mendorong Perumdam Tirta Mayang membangun intake dermaga, sehingga nanatinya mamapu mempurluas pelayanan air bersh dari intake Sijenjang tersebut.

 

“ PDAM sudah kita minta mencari lahan 10 tumbuk, sehingga nanti bisa dibangun dengan kapasitas 600 liter per detik,” jelasnya.

 

Intake yang memiliki kapasitas 300 liter per detik itu, berkontribusi untuk mesuplai air bersih untuk warga di kawasan Jambi Timur dan sekitarnya. 

 

“Kalau dibangun ada potensi yang lebih, seperti Bandara Sultan Thaha yang sekarang masih menggunakan air tanah, itu bisa beralih ke PDAM. Juga banyak pelaku usaha lainnyan yang berpotensi menggunakan PDAM,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: