Sembilan Fraksi DPRD Sampaikan Pemandangan Umum Atas RAPBD-P 2023 dan RAPBD 2024

Sembilan Fraksi DPRD Sampaikan Pemandangan Umum Atas RAPBD-P 2023 dan RAPBD 2024

Sembilan Fraksi DPRD Sampaikan Pemandangan Umum-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Menanggapi nota pengantar yang telah disampaikan oleh pemrintah Kabupaten Batanghari, pada  Senin kemarin. Pada selasa 26 september 2023, sembilan fraksi DPRD Kabupaten Batanghari menyampaikan pemandangan umum terhadap rancangan APBD perubahan tahun 2023, dan rancangan APBD tahun 2024 mendatang.

Agenda pemandangan umum ini dibuka secara resmi oleh ketua DPRD Anita Yasmin, didampingi wakil ketua II DPRD Ilhamuddin, dan sekretaris dewan Muhammad Ali. Kemudian turut hadir Bupati Muhammad Fadhil Arief. Unsur forkopimda, para pejabat, serta tamu undangan lainnya.

 

Juru bicara fraksi golkar Mardiana menyampaikan, bahwa fraksi golkar meminta agar tim anggaran pemerintah daerah atau TAPD lebih teliti, dalam memberikan dokumen pelengkap nota pengantar rancangan APBD perubahan. Sebab terdapat perbedaan keterangan dan nominal angka, antara buku penjabaran dan buku rancangan APBD perubahan, yang telah disampaikan.

Disamping itu, Fraksi Golkar sepakat jika RAPBD perubahan segera dibahas, agar pelaksanaan pergeseran anggaran dapat dilakukan dan disesuaikan dengan  regulasi yang berlaku. Akan tetapi, Golkar meminta penjelasan secara rinci, karena secara umum terjadi penurunan belanja daerah dalam RAPBD perubahan. Sedangkan belanja operasional terjadi penambahan.

“Pada RAPBD seacara umum fraksi golkar melihat adanya penurunan target belanja daerah. Namun untuk pos belanja Fraksi Golkar ada penambahan belanja sebesar 64 milyar. Sedangkan untuk belanja modal mengalami penurunan 202 milyar,” Kata Mardiana Jubir Fraksi Golkar.   

 

Sementara itu juru bicara Fraksi Gerindra Suip, meminta kepada pemerintah Kabupaten Batanghari untuk lebih selektif menggunakan anggaran, yang telah ditentukan. Sehingga alokasi anggaran benar -benar dapat dirasakan masyarakat di daerah setempat.

“Dalam hal target pembelanjaan pada Batanghari meminta pemerintah Kabupaten Btanghari untuk meminta selektif anggaran sehingga anggaran dapat dirasakan oleh masyarakat Batanghari, serta janfgan membelanjakan hal-hal yang kurang dibutuhkan atau kurang mendesak. Pemerintah Kabupaten  harus lebih mengutamakan pelayanan dan fasilitas publik yang dibutuhkan  masyarakat Kabupaten Batanghari pada saat ini,” Ungkap Suip Jubir Fraksi Gerindra.  

Disamping itu, Fraksi Gerindra juga mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam merealisasikan 36 program prioritas yang telah dicanangkan. Sebab saat ini, tersisa dua program prioritas yang belum terlaksana, yakni pembangunan Islamic Center dan Sirkuit Roadrace. Fraksi ini pun menekankan, program ini dapat dilaksanakan di tahun anggaran 2024 mendatang.

 

Baca Juga Berita JambiTV Lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: