Pemprov Jambi Kembali Minta Bantuan Untuk TMC Hujan Buatan

Pemprov Jambi Kembali Minta Bantuan Untuk TMC Hujan Buatan

Sudirman Sekda Provinsi Jambi-Peha-Jambitv

Jambitv.co, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi akan kembali mengajukan bantuan teknologi modifikasi cuaca (tmc) atau hujan buatan. Ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pasalnya kondisi elnino atau suhu panas di Provinsi Jambi membuat hujan masih belum merata.

Dengan demikian, hujan buatan masih diperlukan agar kelembapan lahan gambut bisa tetap terjaga. Mengingat, jika beberapa hari tanpa hujan maka lahan gambut bisa mengering dan mudah terbakar.

Sebelumnya, TMC sudah dilakukan oleh BNPB di wilayah Jambi selama 7 hari yakni 15 hingga 21 Agustus lalu. Namun upaya tersebut diharapkan masih terus dilakukan karena cuaca ekstrem di prediksi hingga akhir september mendatang.

“Nanti akan kita lihat lagi nih, apakah balik lagi ke KLHK gitu ya, karena kaitannya dnegan pencegahan itu tidak lepas dari kemampuan, anggarannya hanya di pusat, kita tidak memiliki kemampuan karena biayanya besar. Mudah mudahan KLHK nanti akan melakukan langkah untuk melakukan TMC,” Kata Sudirman Sekda Provinsi Jambi.

Selain itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi. Luasan lahan yang terbakar saat ini mencapai 316,65 hektar. Sehingga upaya penanganan karhutla masih terus dilakukan, baik melalui patroli jalur udara maupun darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: