Hingga Agustus Sudah 300 Hektar Lahan Terbakar Di Jambi

Hingga Agustus Sudah 300 Hektar Lahan Terbakar Di Jambi

Hingga Agustus Sudah 300 Hektar Lahan Terbakar-Peha-Jambitv

Jambitv.co, Jambi - Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengatakan, sejak Januari hingga Agustus 2023 tercatat luas lahan terbakar di Provinsi Jambi mencapai 300 hekta. Kebakaran ini didominasi terjadi di wilayah Kabupaten Sarolangun dan Batanghari.

Untuk mengantisipasi kebakaran berkelanjutan, sekda menekankan setiap Kepala Daerah, untuk lebih fokus dan konsen dalam menangani Karhutla di wilayah masing-masing. Mulai dari meningkatkan kewaspadaan, hingga langkah konkrit dalam melakukan pemadaan jika terdeteksi titik api.

Menurut Sekda, karhutla merupakan situasi yang tidak dapat dihindari, mengingat dampak elnino atau cuaca panas ekstrem. Yang menyebabkan kekeringan di wilayah gambut. Meskipun begitu semua pihak tetap dihimbau ikut berpartisipasi menangani Karhutla.

“kita masih berharap agar kepala daerah lebih fokus dan konsen ya, untuk wilayahnya melakukan pencegahan karhutla. Karena kalau misalnya tidak dilakukan takut tidak bisa terkendali. Jadi mohon betul untuk seluruh kepala daerah melakukan upaya pencegahan ini, agar tidak terjadi karhutla,” Kata Sudirman Sekda Provinsi Jambi.

Sementara itu, dari 300 hektar lahan yang sudah terbakar hampir 50 persen terjadi di wilayah Kabupaten Batanghari. Untuk itu Sekda Sudirman mewanti-wanti Kepala Daerah Batanghari, untuk fokus dan segera melakukan langkah konkrit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: