Antisipasi Dampak Kemarau, Pemkab Batanghari Siapkan 11 Ribu Ton Beras Untuk Masyarakat

Antisipasi Dampak Kemarau, Pemkab Batanghari Siapkan 11 Ribu Ton Beras Untuk Masyarakat

Antisipasi Dampak Kemarau, Pemkab Batanghari Siapkan 11 Ribu Ton Beras Untuk Masyarakat-Pirdana Atrio-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Batanghari - Untuk mengantisipasi dampak kemarau yang mengakibatkan gagal panen akibat kekeringan. Sebanyak 11 ribu ton beras akan disiapkan di Kabupaten Batanghari, untuk mememuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. 

Sebagai langkah antisipasi terjadinya fuso atau gagal panen akibat musim kemarau. Pemerintah Kabupaten Batanghari saat ini telah melakukan pendataan terkait ketersediaan stok beras. 

Dari hasil pendataan sementara, diperkirakan ada sekitar 11 ribu ton beras lebih yang akan tersedia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jumlah ketersediaan stok beras ini dibenarkan oleh Analis ketahanan pangan, Dinas pangan pertanian dan perikanan Kabupaten Batanghari, Abdul Latif. 

Dimana dari hasil panen petani saat ini, sudah tersedia satu ton beras yang ada di penggilingan. 

Sementara dari estimasi hingga Oktober 2023 mendatang, diperkirakan masih tersedia sekitar 18.555 ton gabah atau setara 10.913 ton beras, yang tersedia setelah dilakukan penggilingan.

“Jumlah ketersediaan stok beras tersebut, diperkirakan akan memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di Kabupaten Batanghari dalam beberapa bulan kedepan. Terlebih, saat ini pihak pemerintah daerah juga telah bekerjasama dengan perum Bulog Jambi, untuk menyediakan beras murah dalam setiap pekan.” pungkas Abdul Latif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: