Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2023, Kemenpan-RB Buka Formasi 572.496 Orang

Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2023, Kemenpan-RB Buka Formasi 572.496 Orang

Pemerintah kembali buka lowongan atau rekrutmen ASN sebanyak 572.496 formasi untuk CPNS dan PPPK-istimewa-raselnews-disway.id-

Jambitv.co, Jakarta – Tahun 2023 mengawali pembukaan formasi besar-besaran untuk penerimaan CPNS dan PPPK. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan, ada rekrutmen formasi untuk 572.496 orang tahun ini.

 

Dikutip dari laman resmi Kemenpan-RB, formasi ini mencakup untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Formasi ini untuk penempatan di pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Pembagian formasinya, dari 572.496 lowongan, pembukaan formasi untuk pemerintah pusat mencapai 78.862, sementara sisanya 493.634 formasi untuk pemerintahan daerah.

 

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar mengatakan, lowongan ASN terbaru 2023 berlaku untuk tenaga non-ASN alias honorer dan umum. Abdullah Azwar menjelaskan, rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 merupakan upaya pemerintah untuk menyelesaikan penataan tenaga honorer.

 

Dalam rekrutmen ASN untuk CPNS dan PPPK terbaru 2023, porsi terbanyak akan dibuka untuk tenaga honorer. Ini menjadi peluang besar bagi para tenaga honorer untuk meningkatkan jenjangnya.

 

"Pemerintah secara konsisten memberikan afirmasi menunjukkan keberpihakan untuk non-ASN atau tenaga honorer, juga kepada eks THK-II (Tenaga Honorer eks Tenaga II), karena mereka telah mengabdi," jelas Menpan dalam keterangan resminya.

 

Dalam rincian formasi tersebut, 80 persen calon pelamar disiapkan untuk tenaga honorer dan sisanya 20 persen untuk pelamar umum.

 

Selanjutnya untuk rekrutmen ASN, terbanyak akan dibuka untuk formasi guru dan tenaga kesehatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: