Akses Ke Lokasi Sulit, Pemadaman Puluhan Hektar Lahan di Bajubang Laut Berlangsung 9 Jam

Akses Ke Lokasi Sulit, Pemadaman Puluhan Hektar Lahan di Bajubang Laut Berlangsung 9 Jam

Pemadaman Puluhan Hektar Lahan di Bajubang Laut Berlangsung 9 Jam-pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Untuk memadamkan api kebakaran lahan yang terjadi di Desa Bajubang Laut Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Yang terjadi Kamis sore 10 agustus 2023 pukul 16.00 WIB. Petugas dari BPBD Kabupaten Batanghari TNI dan Polri Serta Tim Sargas Karhutla membutuhkan waktu selama 9 jam.

Proses pemadaman yang berlangsung cukup lama ini, karena kendaraan bpbd kesulitan menuju ke titik lokasi. Selain itu kebakaran yang sudah meluas, membuat petugas mebutuhkan waktu sekitar sembilan jam untuk melakukan pemadaman.

“Diperkirakan 9 jam kita melakukan pemadaman disitu, adapun yang menyebabkan kenapa terlalu lama kita melakukan pemadaman itu. Jangkauan kita terhadap lokasi terhadap jalan kendaraan itu yang susah,” Kata Syamral Lubis Sekretaris BPBD Batanghari.

 Dari puluhan hektar lahan yang terbakar, beberapa hektar diantaranya diketahui terlihat telah ditanami pohon kelapa sawit. Selain itu berdasarkan hasil identifikasi petugas dilapangan, kobaran api diduga berawal dari aktivitas pembakaran. Yang dilakukan oleh oknum warga di hamparan lahan tersebut.

Kebakaran lahan milik warga ini terjadi di Desa Bajubang Laut Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Kebakaran terjadi sejak Kamis sore 10 agustus 2023 kemarin tepatnya sekitar pukul 16.00 WIB. Kobaran api tampak membara di hamparan lahan perkebunan yang diperkirakan mencapai 20 hektar.

“Lahan kurang lebih 20 hektar dari 36 herktar yang ada di wilayah pembukaan kebun itu, sekitar 20 hektarlah yang terbakar,” Ungkap Syamral Lubis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: