2.000 Pemilih Pemula di Batanghari Belum Rekam E-Ktp

Jumat 27-09-2024,11:19 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

BATANGHARI, JAMBITV.CO - Meski sudah mendekati tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau pilkada serentak. Namun sampai saat ini masih terdapat para pemilih di Kabupaten Batanghari yang belum memiliki E-Ktp sebagai salah satu syarat untuk memilih. 

Bahkan berdasarkan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah setempat, diperkirakan sekitar 2 ribu orang pemilih pemula yang belum melakukan perekeman data E-Ktp.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari Reflizer mengatakan, bahwa ribuan pemilih yang belum melakukan perekaman tersebut terdata sudah memenuhi syarat untuk memiliki e-ktp.

Sebab mereka akan memasuki usia 17 tahun jelang pencoblosan tepatnya 27 november 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Jumlah Pemilih Pemula Provinsi Jambi 69.773 Jiwa yang Telah Melakukan Perekaman E-KTP

BACA JUGA:Pemilih Pemula di Kota Jambi Bertambah 12.000 Orang, Dukcapil Percepat Proses Perekaman E-KTP

Hanya saja sejauh ini pihak dinas dukcapil masih akan melakukan penyisiran data terkait keberadaan para pemilih yang belum melakukan perekaman tersebut.

“Sebagian besar yang ada data itu kalau dari awal sekitar 5 ribu dan sudah proses perjalanan perekaman, baik di desa di sekolah dan kecamatan. Kami perkirakan sekitar 2 ribu lagi yang belum, itupun penyisirannya dengan membersihkan data data di SIAK karena ada yang sudah pindah. Ada yang memang sudah dari data itu memang sudah punya ktp karena dengan berjalannya waktu,” Kata Reflizer Kadis Dukcapil Batanghari.

Menurut Reflizer terdapat beberapa pemilih yang telah terdata, dikabarkan sudah pindah domisili dan bahkan telah memiliki e-ktp. Sehingga nantinya pihaknya melakukan pembersihan data kependudukan.

Selain itu, pihak Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari juga telah berencana untuk melakukan perekaman secara langsung di lapangan dengan mendatangi sekolah-sekolah.

BACA JUGA:600 Pemilih Pemula Belum Rekam E-KTP

BACA JUGA:6.396 Pemilih Pemula di Sarolangun Belum Memiliki E-KTP

Kategori :