Keutamaan 10 Hari Kedua Ramadhan, Kesempatan Menggugurkan Semua Dosa-Dosa

Selasa 26-03-2024,09:14 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Ade Putra

JAMBITV.CO – Keutamaan 10 hari kedua Ramadhan, Umat Muslim berkesempatan menggugurkan semua dosa-dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. Sebab pada pertengahan bulan Ramadhan ini, Allah akan membukakan pintu Maghfiroh atau Ampunan.

 

Bulan  suci Ramadhan sendiri terbagi dalam 3 fase, terdiri dari 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari ketiga. Setelah melewati 10 hari pertama puasa Ramadhan yang salah satu keistimewaannya yakni penuh dengan Rahmat. Kini umat muslim sudah menjalani ibadah puasa dalam fase 10 hari kedua di bulan Ramadhan. Fase ini juga memiliki keistimewaan yakni dibukakan pintu Maghfiroh oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Ramadhan Madrasah Bagi Umat Muslim Untuk Memperdalam Hubungan Spiritual Dengan Allah SWT

Ustad Raden Irwansyah menjelaskan, bahwa 10 hari kedua atau pada pertengahan Ramadhan juga merupakan bulan yang maghfiroh atau ampunan. Sehingga menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk menjalani ibadah dan memohon ampunan atas segala dosa-dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. 

“10 Hari kedua bulan Ramadhan Allah SWT khususkan untuk menghapuskan dosa-dosa yang lalu dan kesalahan-kesalahan kita. Yang mungkin pada 11 bulan yang lalu kita tinggalkan Allah, kita tinggalkan Sholat, maka di bulan Ramadhan alangkah ruginya orang yang tidak mau memanfaatkan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Karena Allah SWT berfirman, orang yang rajin beristighfar Allah jadikan disetiap kesulitan menjadi mudah,” papar penceramah asal Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari ini. 

BACA JUGA:Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan di Batanghari, Warga Ramai-Ramai Bersihkan Kawasan Pemakaman

Dengan demikian, Ustad Raden Irwansyah mengajak seluruh umat muslim agar tetap istiqomah menjalani ibadah selama bulan suci Ramadhan, untuk meraih Rahmat dan Ampunan dari Allah SWT. 

Terlebih lagi pada bulan yang paling mulia ini, terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yakni malam Lailatul Qodar yang terjadi pada fase ketiga 10 hari terakhir Ramadhan.

Kategori :