Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan di Batanghari, Warga Ramai-Ramai Bersihkan Kawasan Pemakaman

Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan di Batanghari, Warga Ramai-Ramai Bersihkan Kawasan Pemakaman

Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan di Batanghari, Warga Ramai-Ramai Bersihkan Kawasan Pemakaman-Pirdana Atrio-JambiTV

Jambitv.co, Batanghari - Seperti di tahun-tahun sebelumnya, berbagai kegiatan dilakukan masyarakat khususnya di kabupaten Batanghari dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah di tahun 2024 ini. Seperti di Kecamatan Muara Bulian, warga desa Bajubang Laut beramai-ramai melakukan tradisi nyekar atau ziarah ke pemakaman desa setempat. 

Semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa kompak mendatangi tempat pemakaman. Bahkan dalam tradisi ini, ratusan warga membacakan surat yasin dan mendo’akan sanak keluarga mereka maupun warga desa setempat yang telah meninggal dunia. 

BACA JUGA:Tradisi Jelang Ramadhan, Ratusan Warga Sekernan Lakukan Ziarah Kubur

Kegiatan ini juga sebagai pengingat bagi masyarakat terhadap kematian ataupun akhirat, serta sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. 

“Alhamdulillah bersyukur kita tinggal di kampung yang masih memegang adat istiadat yang sangat baik. Karena kata Rasulullah, orang yang tidak bersyukur kepada manusia juga tidak bersyukur kepada Allah SWT,” papar Ustadz H. Raden irwansyah.

 

Usai memanjatkan do’a kepada Allah SWT, warga juga bergotong royong membersihkan area pemakaman tersebut. Tradisi Nyekar ini sudah berlangsung sejak lama dan terus dilestarikan warga Desa Bajubang Laut hingga saat ini. Terutama sebelum memasuki bulan Suci Ramadhan, maupun jelang lebaran Idul Fitri nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id