Debit Air Sungai Batanghari Masuk Status Siaga 2

Rabu 10-01-2024,10:34 WIB
Reporter : Agustri
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, KotaJambi - Debit air sungai batanghari terus meningkat naik akibat tingginya intensitas hujan di Provinsi Jambi. Hal ini membuat sungai batanghari meluap dan masuk dalam status siaga 2.

Akibat tingginya intensitas hujan di provinsi jambi, membuat debit air sungai batanghari terus naik. Bahkan ketinggian air saat ini mencapai 14,42 meter dari dasar sungai. Penjaga pintu air kasang kota jambi, syahrudin mengatakan, sungai batanghari saat ini sudah memasuki status siaga 2. Masyarakat pun diminta untuk waspada karena air sungai batanghari mulai meluap ke rumah warga.

BACA JUGA:205 Unit Rumah Warga di Kasang Terendam Banjir

Diperkirakan, dalam beberapa hari ke depan, debit air sungai batanghari akan terus meningkat. Pasalnya, intensitas hujan masih terjadi dan air laut juga mengalami pasang. Kondisi itu akan membuat beberapa wilayah di kota jambi akan terdampak banjir. Khususnya mereka yang berada di kawasan pinggir sungai batanghari, seperti tahtul yaman dan danau sipin.

BACA JUGA:46 SD di Batanghari Terendam Banjir, Aktivitas Belajar Mengajar Terpaksa Diliburkan

“Levelnya sudah masuk siaga 2. Yang harus diwaspadai didaerah kita kan banyak daerah rawan banjir, seperti Seberang, Danau Sipin. Kita takutkan itu kalau air meluap saat malam hari,” kata Syahruddin.

Pihaknya akan terus melaporkan ketinggian air sungai batanghari ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi. Sehingga pemerintah bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat sungai meluap ke rumah warga.

Kategori :