Waspada, Sungai di Batanghari Sudah di Level Siaga Awas

Rabu 03-01-2024,09:08 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Batanghari - Debit air sungai di Kabupaten Batanghari saat ini mengalami peningkatan hingga berada di level siaga awas. Bahkan tinggi muka air sudah mencapai 309 centimeter. Terkait kondisi ini, masyarakat diminta waspada terhadap musibah banjir.

BACA JUGA:Tergelincir ke Sungai Batang Merao Saat Macet Akibat Longsor, Syafrizal Ditemukan Tewas Sejauh 10 Kilometer

Pada pekan lalu debit air sungai di Kabupaten Batanghari masih berada di level siaga persiapan. Namun di awal tahun ini tepatnya 2 Januari 2024, terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan saat ini, tinggi muka air sungai sudah berada di level siaga awas. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari Syamral Lubis.

BACA JUGA:Banjir Bandang Kerinci Rusak Jembatan Tamiai Hingga Nyaris Ambruk

“Berdasarkan alat pengukur ketinggian air (APKA) milik BPBD, tinggi muka air sungai sudah mencapai angka 309 centimeter. Kondisi ini tentunya sudah harus diwaspadai oleh masyarakat, terutama yang bermukim di pinggir bantaran sungai,” kata Syamral.

BACA JUGA:Banjir di 7 Koto, Ratusan Rumah di 2 Desa Terendam dan Ratusan KK Terdampak

Tak hanya itu , saat ini sudah terdapat sejumlah wilayah ataupun fasilitas permukiman penduduk, yang mulai terdampak genangan banjir akibat meluapnya air sungai Batanghari. Sehingga saat ini, tim reaksi cepat BPBD telah dikerahkan melakukan pemantauan dan pendataan, sebagai langkah antisipasi dan penanganan terhadap musibah banjir.

Kategori :

Terpopuler