Awal Tahun 2024, Operasional Angkutan Batubara Dimaksimalkan Melalui Jalur Sungai

Sabtu 30-12-2023,08:12 WIB
Reporter : Nur Pehatul Jannah
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Kota Jambi - Untuk mengurangi kemacetan saat Libur Tahun Baru dan  kelancaran pemilu di awal Tahun 2024. Angkutan batubara di Provinsi Jambi akan dimaksimalkan melalui jalur sungai batanghari.

Dalam rangka libur tahun baru dan menjelang pemilu di awal tahun 2024. Aktivitas angkutan batubara jalur darat akan dibatasi  untuk mengurangi angka kemacetan. 

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, bahwa selama waktu tersebut angkutan batubara akan dimaksimalkan melalui jalur Sungai Batanghari. Hal ini dipertimbangkan karena debit air sungai diperkiraan akan cukup baik hingga bulan april mendatang.

“Format angkutan batubara di tahun 2024, saat ini teman teman sudah banyak mengalihkan angkutannya ke air ( jalur sungai). Karena air juga debitnya sampai april cukup bagus. Makanya sudah banyak yang lewat air hari ini itu yang pertama. Yang kedua kita ingin teman teman pengusaha tambang ini fokus mendorong terciptanya selesainya jalan hauling batubara, jalan khusus batubara itu. Artinya dorong agar perusahaan cepat menyelesaikan jalan khusus agar tidak fokus di jalan nasional,” Ungkap Al haris.

BACA JUGA:Intek PDAM Tirta Muaro Jambi Ditabrak Kapal Batubara Hingga Roboh, Pasokan Air Bersih di 3 Kecamatan Terhenti

Adapun dimaksimalkannya jalur sungai ini, agar angkutan batubara tidak menggunakan jalan nasional. Sehingga proses pemilu dapat berjalan lancar. Mengingat pada awal tahun 2024 akan ada distribusi logistik surat suara yang akan diedarkan ke semua daerah.

“Kemudian dari januari sampai februari itu ada proses pengiriman logistik ke daerah daerah surat suara dan sebagainya. Ini penting sekali tidak ada kemacetan kemacetan. Kemudian juga teman teman dari Kpu dan Bawaslu yang ingin kelapangan ke tps-tps itu juga butuh kelancaran. Selanjutnya adalah saat pengamanan pemilu yang butuh ekstra, tentu ini pasukan dari Tni Polri akan dikerahkan ke daerah daerah agar mereka tidak ada hambatan di lapangan tentunya. Sehingga pemerintah mengambil langkah langkah tiga bulan ini untuk kita coba maksimalkan angkutan air, dan mendorong agar percepatan hauling batubara yang dibangun itu,” Kata Al Haris Gubernur Jambi.

BACA JUGA:Viral Kapal Tongkang Bermuatan Batu Bara Tabrak Jembatan Gentala Arasy

Kategori :