Guru Honorer di Kabupaten Batanghari Belum Terima Gaji Sejak Oktober 2023

Jumat 29-12-2023,09:23 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Para Guru Honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari saat ini mulai mengeluh. Sebab hingga memasuki akhir tahun 2023 ini, Gaji mereka tak kunjung dibayar oleh Pihak Pemerintah Daerah setempat. 

Bahkan menurut informasi selama triwulan ke empat atau terhitung sejak oktober 2023 lalu. Hingga kamis siang 28 Desember 2023, gaji para guru honorer belum terbayarkan.

Kondisi ini tentunya menjadi kekhawatiran dan keluhan dari para guru honorer di daerah setempat. Namun terkait persoalan ini, Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari Naswin mengklaim. Bahwa pembayaran gaji guru honorer di lingkup pemerintah daerah setempat, akan segera diproses lantaran telah diajukan ke Badan Keuangan Daerah. 

BACA JUGA:Pemkab Muaro Jambi Akan Kucurkan Beasiswa Untuk 100 Guru Honorer

Namun naswin beralasan, keterlambatan pembayaran gaji guru honorer ini, dipicu karena adanya perubahan status akibat penerimaan PPPK di tahun ini.

“Salah satu penyebabnya karena ada perubahan status personilnya, ada yang dari operator misalnya ini kan karena penerimaan rekrut pppk ini, ternyarta syarat melamar guru pppk 2023 ijazahnya linier dengan formasi yang ada. Maka mereka melamar ke posisi itu, jadi berubah statuskan dari operator jadi guru, dan kesatuannya masing masing beda,” Ungkap Naswin Sekretaris Dinas Pdk Batanghari. 

Gaji tenaga guru honorer yang harus dibayarkan Pemkab Batanghari yakni dengan nominal anggaran perbulan senilai 641 juta 786 ribu rupiah. Untuk 803 orang guru honorer. Terdiri dari 555 orang guru Sekolah Dasar dan 248 orang guru SMP.

BACA JUGA:Pemkab Alokasikan Anggaran Rp. 35,7 Miliar Untuk Gaji PPPK Tahun 2024

Kategori :

Terpopuler