Sempat Padam, Karhutla Jambi di Lahan ABT Transos Tebo Kembali Hingga Hanguskan 17 Hektar Lahan

Kamis 19-10-2023,10:08 WIB
Reporter : Arief Rizal
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Tebo - Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla Jambi kembali  terjadi di Tebo. Kali ini Lahan di Desa Aburan Batang Tebo atau ABT Transos kembali terbakar, setelah sebelumnya berhasil dipadamkan. Hembusan angin membuat bara api kembali menyala, dan membakar lahan lainnya .

Tim Satgas Karhutla Kabupaten Tebo, kembali memadamkan api yang membakar kebun sawit di Desa Aburan Batang Tebo atau ABT Transos, pada Rabu (18/10). 

BACA JUGA:Meningkat Signifikan, Titik Panas Karhutla Jambi Capai 3.416 Hotspot

Padahal 2 hari sebelumnya, tim telah melakukan pemadaman, namun tampaknya api kembali muncul di bekas kayu yang terbakar, akibat hembusan angin.

Sekretaris BPBD Kabupaten Tebo A Roni mengatakan, kemunculan api tersebut langsung membakar daun-daun yang kering, dan juga lahan yang belum terbakar. Tim reaksi cepat atau TRC BPBD Kabupaten Tebo langsung diterjunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan.

BACA JUGA:Tim Satgas Karhutla Dirikan 2 Posko Darurat di Kecamatan Sumay

Tidak hanya pendinginan di lokasi kebakaran saja, tim TRC juga melakukan penyemprotan air disetiap batas lahan terbakar, dengan lahan yang belum terbakar, agar api tidak menjalar. Sedangkan luasan lahan yang terbakar mencapai 17 Hektar yang jumlah ini sudah termasuk kebun sawit warga di dalamnya. Kasus ini juga menambah luasan lahan yang terbakar pada kasus karhutla Jambi.

BACA JUGA:Jumlah Kasus Karhutla Jambi Bertambah, 2 Hektar Lahan Sawit di Tebo Kembali Terbakar

“Kita sudah deteksi sekitar 17 hektar luas lahan yang terbakar. ini terbakar pada 3 hari yang lalu. Hari ini kita melakukan pendinginan, kita lihat tadi ada beberapa titik api.” kata Roni.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Tebo mengklaim luas lahan yang terbakar, pada saat pemadaman pertama hanya sekitar 2 hektar saja, namun pada pemadaman dan pendinginan yang dilakukan naik signifikan menjadi 17 hektar.

Kategori :