Panen Raya Padi, Kelompok Tani Simpang Aur Gading Hasilkan 8,8 Ton Perhektar

Selasa 10-10-2023,22:56 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Pirdana Atrio

Jambitv.co, Batanghari - Selasa pagi (10/10/2023), Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Simpang Aur Gading Kecamatan Bathin XXIV bersama Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief melakukan panen raya padi. Dari hasil panen, Kelompok Tani ini mampu menghasilkan 8,8 Ton padi untuk satu hektar sawah.

 

Setidaknya ada sekitar 17 Hektar Lahan Padi Sawah di Desa setempat yang sudah siap untuk di panen.  Selain melakukan panen, Kelompok Tani ini juga meminta orang nomor satu di Bumi Serentak Bak Regam itu untuk ikut melakukan proses penggilangan padi bersama mereka.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief mengaku sangat bangga atas hasil kerja keras para petani. Sebab mereka mampu mendapatkan hasil panen yang sangat memuaskan meski daerah setempat sedang dilanda musim kemarau.

 

“Ini panen perdana ya di Umo Tunggul Buto Desa Simpang Aur Gading. Alhamdulillah hasilnya sangat baik, rata-rata 8 ton lebih perhektarnya. Ini suatu hal yaang luar biasa, karena biasanya di Batanghari tahun lalu hanya 4,7 perhektar,” kata Bupati, Selasa (10/10/2023).

 

Dengan hasil ini, Suami Zulva Fadhil ini menilai produktivitas padi dapat ditingkatkan. Ia juga berharap agar Indeks Pertanaman (IP) padi di daerah setempat dapat semakin meningkat dalam setiap tahun, yakni dari IP 100 menjadi IP 200.

 

“Kita harapkan tidak hanya ditanam dalam satu kali setahun, tapi kalau bisa dua sampai tiga kali tanam dalam satu tahun, dan perlu perluasan optimasi. Karena potensinya masih ada, dan kita berharap Simpang Aur Gading ini bisa menjadi Desa Swasembada,” harap Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief.

 

Dalam kegiatan ini, Bupati tampak didampingi Asisten II Setda Batanghari M. Isah, dan Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (PPP) Daerah setempat Farizal.  Selain itu, juga tampak hadir para Pejabat dari sejumlah OPD di Lingkup Pemerintah Daerah setempat, maupun pihak Pemerintah Kecamatan, dan para Tokoh Masyarakat di wilayah setempat.

Kategori :