Pembangunan Patung Bung Karno di Banyuasin Jadi Sorotan, Wajahnya Lucu dan Gempal Tak Mirip Soekarno

Kamis 21-09-2023,07:56 WIB
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, SumSel – Berniat ingin mengabadikan perjuangan Presiden Pertama Indonesia Soekarno lewat pembuatan tugu Bung Karno, Pemerintah Kabupaten Banyuasin malah jadi sorotan. Pasalnya, patung yang sudah hampir selesai dikerjakan tersebut, justru tak mirip dengan sang Proklamator bung Karno. Sebagian orang melihat patung tersebut terlihat lucu dan gempal, tak mirip dengan Presiden Soekarno.

 

Lokasi pembangunan tugu Bung Karno ini terletak di kawasan Sport Center atau tepatnya di Jalan Lintas Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Pemerintah Kabupaten Banyuasin menyebut, dana pembangunan Tugu Bung Karno berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) PU Kabupaten Banyuasin.

 

"Untuk pagu anggaran (alokasi) dana pembangunan tugu tersebut kurang lebih Rp 500 juta," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin Ardi Arfani. 

 

Ardi mengatakan, pembangunan patung bung Karno belum selesai 100 persen. Jika nantinya pembangunan patung tersebut tidak mirip dengan bung Karno, maka Pemkab akan meminta rekanan untuk membongkar dan membuat ulang patung tersebut.

 

"Pekerja mengatakan belum selesai 100 persen, jadi, belum terlihat. Apabila tidak sesuai tentunya harus dibongkar, kami akan meminta dibuat baru," tegas Ardi.

 

Mengutip dari LPSE Banyuasin, pembangunan tugu bung Karno tersebut tercatat dalam tender proyek pembangunan merk, patung Bung Karno, dan aksesoris dengan pagu anggaran Rp 500 juta bersumber dari APBD tahun 2023. Tender pembangunan patung itu berasal dari Dinas PUPR Pemkab Banyuasin dan dimenangkan oleh ATTAKI dengan nilai HPS Rp 498,70 juta.

 

Pembangunan patung bung Karno tersebut ditarget selesai pada Desember 2023.

 

"Kalau target Desember ini ya," pungkas Ardi.

 

Baca Juga Berita di Google News

Kategori :