1 Unit Rumah Kosong di Widuri II Kebakaran

Sabtu 19-08-2023,12:21 WIB
Reporter : Suci Mahayanti
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, KotaJambi - Musibah Kebakaran kembali lagi terjadi di Kota Jambi. Satu unit rumah kosong di wilayah Widuri 2, Kelurahan Paal V, Kota Jambi terbakar pada Jumat malam (18/8).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi, Mustari Affandy mengatakan, tim nya menerima laporan melalui layanan WhatsApp dari warga bernama Husni pada pukul 18.50 WIB. Warga melaporkan bahwa ada kebakaran di rumah kosong. 

Dalam waktu 4 menit, Tim Damkartan segera merespons laporan tersebut dan tiba di lokasi hanya dalam waktu 4 menit.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jambi, Mustari Affandi, memimpin operasi pelayanan dengan dukungan dari 23 personil dan 4 unit armada.

 "Seluruh tindakan dilakukan secara terencana, terukur, terarah, terlayani, dan tuntas (5T) sesuai dengan standar teknis SPM Sub Urusan Kebakaran Daerah Kab/Kota. Dalam waktu 28 menit, tim berhasil memadamkan api yang melanda rumah kosong tersebut dengan menggunakan sekitar 9.000 liter air," katanya.

Mustari mengungkapkan bahwa asal api diduga berasal dari pembakaran sampah dan puntung rokok di dalam rumah kosong yang dijadikan tempat pemilahan barang bekas oleh pemulung. Kondisi banyaknya daun dan ranting kering di dalam rumah kosong membuat api dengan cepat membesar. Meskipun belum ada laporan mengenai kerugian yang ditimbulkan, tindakan cepat dari Damkartan mampu mencegah kerusakan yang lebih parah.

Dalam upaya penanganan kebakaran ini, Damkartan Kota Jambi juga berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk PLN Rayon Kotabaru, Sekcam Kota Baru, Lurah Paal V, Kasi Trantib Kecamatan Kotabaru, Babinsa Kelurahan Paal V, dan Babinkamtibnas Kelurahan Paal V. Tim pemadam kebakaran berhasil mengendalikan situasi dan melaksanakan tugas dengan baik, tanpa adanya laporan mengenai cidera petugas atau warga sekitar.

Mustraif pun juga mengingatkan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dalam membuang sampah dan menjaga lingkungan agar terhindar dari potensi kebakaran. 

 

Kategori :