Kucuran DAK Senilai Rp. 1,7 Miliar Untuk Penambahan Alat dan Mesin Pertanian

Selasa 15-08-2023,13:00 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Pemkab Batanghari sampai saat ini terus berupaya menggenjot percepatan produktivitas pertanian. Bahkan selain menyalurkan bantuan berupa alat Kultivator dan Pompa Air. Pemerintah Daerah setempat kembali mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus atau DAK senilai 1 Miliar 788 Juta Rupiah. Dana ini digunakan untuk penambahan pengadaan alat dan mesin pertanian atau alsintan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari Roma Uliana mengatakan. Bahwa dana tersebut digunakan untuk pengadaan Empat Unit Power Tresher atau Alat Perontok Padi. Dengan total angaran senilai Rp 88 Juta . Serta Lima Unit Alat Jenis Rice Miling senilai Rp 1,7 Miliar yang berfungsi untuk menggiling gabah menjadi beras.

“Jadi Untuk kegiatan DAK, untuk sarana pasca panen. untuk RMU sebanyak Lima Unit itu sudah dianggarkan sebesar Rp 1,7 miliar. Dan Power Treshernya sebanyak Empat Unit dengan anggaran Rp 88 Juta,” Kata Roma Uliana Kabid Tanaman Pangan Dinas PPP Batanghari.

Bantuan Alsintan tersebut nantinya akan disalurkan untuk sembilan kelompok tani di beberapa kecamatan. Diantaranya tiga kelompok di kecamatan muara tembesi. Yakni Desa Pulau Ampelu dan desa Rantau Kapas  Mudo. 

Kemudian Dua Kelompok Tani di Desa Selat Kecamatan Pemayung, serta Desa Bajubang Laut Kecamatan Muara Bulian, Karmeo Kecamatan Batin 24. Kembang Seri Baru Kecamatan Maro Sebo Ulu, dan Desa Mersam Kecamatan Mersam masing-masing satu kelompok.

Kategori :