Puluhan Hektar Lahan Terbakar, 2 Helikopter Water Bombing Dikerahkan Padamkan Api

Kamis 10-08-2023,17:21 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Muarojambi - Kebakaran lahan mineral kembali terjadi di Kabupaten Muaro Jambi. Selain jalur darat, upaya pemadaman juga dilakukan oleh Tim Satgas Karhutla lewat jalur udara. Dengan menggunakan 2 unit Helikopter Water Bombing.

Kebakaran lahan yang diperkirakan mencapai puluhan hektar ini, terjadi di Desa Talang Duku Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi. Api melahap lahan mineral berupa semak belukar tersebut sejak Rabu sore 9 Agustus 2023. 

Cuaca panas di tambah dengan kondisi lahan yang kering dan tiupan angin kencang, membuat api dengan cepat melahap lahan  tersebut. Kapolsek Maro Sebo Iptu Wiwik  Utomo menyampaikan, api baru berhasil dipadamkan pada Kamis Dinihari. Selain jalur darat, pemadaman juga dilakukan petugas lewat jalur udara menggunakan 2 unit Helikopter Water Bombing.

Sementara itu petugas kembali menyisir area lahan yang terbakar pada kamis pagi 10 agustus 2023. Mereka melakukan pendinginan di area lahan yang masih terdapat titik asap.

“Kami perintahkan untuk seluruh personel untuk koordinasi dengan Bnpb untuk melakukan tindakan langkah untuk memadamkan api. Setelah sampai sini ternyata api besar. Akhirnya saya mohon kepada Bnpb untuk melakukan bombing di atas menggunakan dua helikopter,” Kata Iptu Wiwik Utomo Kapolsek Maro Sebo.

Polisi belum bisa memastikan penyebab kebakaran dan luasan total lahan yang terbakar. Namun luas kebakaran diperkirakan mencapai puluhan hektar. Sementara itu polisi masih melakukan penyelidikan, guna mengetahui pemilik lahan dan penyebab pasti kebakaran.

Kemudian puluhan personil dari tim satgas karhutla, seperti Polisi, Tni, BPBD dan Manggala Agni hingga kamis sore masih terus disiagakan.

Kategori :