Ditintelkam Polda Jambi Lakukan Profiling Akun-Akun Medsos Jelang Pemilu 2024

Rabu 02-08-2023,12:40 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, KotaJambi – Dalam upaya mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Direktorat Intelkam Polda Jambi melakukan berbagai langkah antisipasi dan pendataan. Salah satunya, mulia melakukan profiling terhadap akun-akun di media sosial.

 

Profiling dilakukan untuk mendeteksi adanya upaya framing yang dilakukan, dengan tujuan untuk membuat instabilisasi kondisi masyarakat. Salah satunya dengan melakukan penyebaran berita hoax dan fitnah. 

 

“Ya, kita juga melakukan pemantauan di media sosial. Tujuannya agar kita dapat mengetahui adanya gangguan keamanan yang mengarah pada framing, penyebaran berita hoax atau fitnah, dan juga informasi yang mengarah pada sara,” ujar Kompol Agung Pratama, Kasubdit Kamsus Ditintelkam Polda Jambi pada, Rabu siang 2 Agustus 2023.

 

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara Diskusi Publik yang digelar Ditintelkam Polda Jambi bersama insan pers, yang berlangsung di Rumah Kebangsaan kawasan Thehok Kota Jambi. Kompol Agung juga membenarkan, bahwa ada sejumlah akun media sosial yang telah dilakukan profiling. Tujuannya untuk mengetahui status akun tersebut dan juga arah postingan yang dibuat.

 

“Kita juga telah melakukan profiling beberapa akun media sosial yang disinyalir dapat mengganggu Kamtibmas. Ada beberapa akun yang kita cari tahu, mulai dari statusnya akun asli atau akun palsu. Kemudian kita dalami kemana arah postingannya,” jelas Kompol Agung.

 

Terkait jika nanti ditemukan ada akun yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas yang mengancam stabilitas kondisi masyarakat Jambi, Kompol Agung juga sempat menyinggung kemungkinan langkah takedown akun yang mungkin saja dapat dilakukan.

 

“Jika memang harus melakukan takedown maka akan kita upayakan,” pungkasnya.

BACA JUGA:Ditintelkam Polda Jambi Gelar Diskusi Bersama SMSI Jambi, Bahas Sinergi dan Kesiapan Jelang Pemilu 2024

Dalam diskusi publik ini, juga hadir Direktur Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Ronalzie Agus, SIK. Dia berpesan kepada insan pers untuk membantu menjaga suasana Kamtibmas melalui pemberitaan. Kombes Pol Ronalzie juga berterima kasih atas bantuan media yang telah berhasil menangkis framing dan berita bohong beberapa hari terakhir.

 

Kategori :