Karhutla di Batanghari, Api Hanguskan 20 Hektar Lahan di Muaro Singoan

Karhutla di Batanghari, Api Hanguskan 20 Hektar Lahan di Muaro Singoan

karhutla di batanghari, hanguskan puluhan hektar lahan di Muaro Singoan-Pirdana Atrio-JambiTV

BATANGHARI, JAMBITV.CO - Kasus kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kabupaten Batanghari kembali terjadi. Kali ini kobaran api membakar puluhan hektar lahan di Desa Muaro Singoan Kecamatan Muara Bulian. 

Hampir setiap hari, tim satgas karhutla khususnya badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Batanghari menerima laporan terkait kasus kebakaran hutan dan lahan. 

Bahkan kali ini, kobaran api ditemukan di Desa Muaro Singoan Kecamatan Muara Bulian. Api ditemukan dalam kondisi sudah meluas, dan diperkirakan telah membakar 20 hektar lahan di desa setempat.

BACA JUGA:Jambi Masih Siaga Karhutla, 2 Helikopter Water Bombing Bersiaga di Bungo

Pengelola penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari, Anuwar mengatakan, kobaran api ini ditemukan pada Selasa siang (2/9) kemarin. 

Puluhan hektar lahan yang terbakar ini merupakan lahan perkebunan kelapa sawit dan semak belukar.

“Lebih kurang setelah kami prediksi itu sekitar 20 hektar lahan yang terbakar. Itu ada 3 hektar lahan warga, selebihnya adalah semak belukar. Sampai pagi ini belum ada informasi yang jelas. Namun setelah kami kembali itu masih ada titik-titik api, tetapi tidak mengakibatkan kebakaran yang meluas karena itu hanyakayu-kayu yang tersisa,” jelas Anuwar.

BACA JUGA:Karhutla di Batanghari Kembali Hanguskan 20 Hektar Lahan Tahura

Proses pemadaman di hamparan lahan yang terbakar ini, membutuhkan waktu lebih kurang empat jam. Proses pemadaman ini melibatkan tim reaksi cepat BPBD Batanghari, pihak kepolisian dan TNI, serta pihak pemerintah Desa Muaro Singoan. 

Meski  sudah dapat dinyatakan padam, tim satgas karhutla belum dapat memastikan penyebab kebakaran di hamparan lahan tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: