Bawaslu Jambi Temukan 777 Pemilih Siluman

Bawaslu Jambi Temukan 777 Pemilih Siluman

Ratusan pemilih siluman ditemukan Bawaslu Jambi-Agustri-JambiTV

JAMBI, JAMBITV.CO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jambi  menemukan adanya ratusan pemilih siluman di Kabupaten Kerinci. 

Bawaslu mendesak agar KPU segera menghapus data pemilih tersebut, pada saat penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan mendatang.

Di tengah persiapan menuju Pilkada 27 November 2024, Bawaslu Provinsi Jambi mengungkapkan temuan mencengangkan. 

BACA JUGA:Jelang PSU Pemilu 2024 di Batanghari, Bawaslu Instruksikan Panwascam Perketat Pengawasan

Dimana ada 777 pemilih siluman terdaftar di dua kabupaten kota,  yang berpotensi mengganggu integritas pemilihan.

Ketua Bawaslu Jambi Wein Arifin mengungkapkan, dari data 2 juta 698 ribu 805 daftar pemilih sementara , 777 pemilih di antaranya tidak ditemukan secara faktual di lapangan. 

Yakni di Kabupaten Kerinci terdapat 768 pemilih yang tidak bisa diverifikasi keberadaannya. Sementara di Kota Jambi ada 9 pemilih yang tak dapat dilacak.

BACA JUGA:KPU Batanghari Tambah 3 TPS di Beberapa Kecamatan, Meski Jumlah DPS Berkurang

Sorotan utama muncul terkait langkah KPU yang bersikeras mempertahankan data ini, meskipun Bawaslu telah menyampaikan hasil verifikasi lapangan. Menurut Bawaslu jika data ini tidak dicoret, akan ada peluang besar bagi pihak yang tak bertanggung jawab, untuk memanfaatkan celah ini.

“10 persen pemilih di tiap TPS itu, kami menemukan terdapat 768 pemilih di Kabupaten Kerinci yang tersebar di beberapa kecamatan dan desa. Dan itu secara faktanya tidak ditemukan di lapangan, tapi karena alasan masih terdata di SIA tetap dipertahankan oleh KPU. Kami menyarankan saran perbaikan dalam proses penyusunan TPS nanti, agar pemilih yang kami sebut adalah pemilih siluman, menurut kami itu dilakukan pencoretan ketika secara faktanya tidak ada di lapangan,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: