Dampak Musim Kemarau, 990 Hektar Padi Sawah Terdampak Kekeringan

Dampak Musim Kemarau, 990 Hektar Padi Sawah Terdampak Kekeringan

Dampak Musim Kemarau, 990 Hektar Padi Sawah Terdampak Kekeringan-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Musim Kemarau yang saat ini melanda Kabupaten Batanghari. Semakin berdampak terhadap lahan persawahan padi milik para petani di daerah setempat.

Berdasarkan hasil monitoring dan pendataan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Daerah Kabupaten batanghari. Tercatat lahan sawah yang telah ditanami padi seluas 990,21 hektar, kini sudah dinyatakan tedampak bencana kekeringan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari Roma Uliana mengatakan. Kekeringan tersebut terjadi terhadap sawah di 7 kecamatan. Dengan kondisi kekeringan ringan seluas 914,52 hektar, kondisi sedang 69 hektar dan kekeringan dengan kategori berat seluas 6,19 hektar.

BACA JUGA:Dampak Musim Kemarau, Ribuan Hektar Padi Sawah di Kabupaten Tebo Kekeringan

“Lahan sawah yang terkena dampak kekeringan ini diangka 990,hektar yang terdiri dari kategori ringan 914, kategori sedang 69 dan kategori berat 6 hektar. Tentu saja kami dari dinas berharap kemarau ini segera berakhir sehingga kondisi tanaman padi di lapangan itu bisa pulih,” Kata Roma Uliana Kabid Tanaman Pangan Dinas PPP Batanghari.

Meski bencana kekeringan ini mayoritas masih dalam kategori ringan. Namun kondisi ini dapat membahayakan tanaman padi, hingga terancam gagal panen atau puso. Terlebih jika daerah setempat tak kunjung diguyur hujan dalam beberapa waktu kedepan. 

Saat ini pihak dinas masih terus berupaya melakukan berbagai langkah pompanisasi, untuk mengalirkan air ke sawah petani.

BACA JUGA:42,5 Hektar Lahan Pertanian Di Jambi Gagal Panen Akibat Kekeringan

BACA JUGA:Ratusan Hektar Sawah Warga di Pasar Terusan Batanghari Kekeringan, Sudah 3 Pekan Petani Kesulitan Pasokan Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv