306.173 Warga Batanghari Sudah Memiliki Jaminan Kesehatan

306.173 Warga Batanghari Sudah Memiliki Jaminan Kesehatan

306.173 Warga Batanghari Sudah Memiliki Jaminan Kesehatan (Foto : Pirdana Atrio JambiTV)--

Jambitv.co, Batanghari - Pemerintah Kabupaten Batanghari, sampai saat ini masih terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Salah satunya memastikan setiap warga terdaftar dalam program Universal Health Coverage (UHC) atau kepesertaan Jaminan Kesehatan. Dalam upaya ini, Pemerintah Daerah setempat mengklaim sudah terdata sebanyak 306.173 orang warga yang telah terdaftar atau memiliki jaminan kesehatan.

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Batanghari, A. Kurniadi mengatakan. Bahwa dari total jumlah penduduk di daerah setempat sekitar 309.828 orang, jumlah warga yang terdaftar dalam program jaminan kesehatan sudah tercapai 99,16 persen.

 

“Alahamdulillah setiap tahun meningkat. Untuk persentase Universal Health Coverage atau masyarakat yang memiliki jaminan kesehatan. Tahun 2021 84,70 persen, tahun 2023 dapat kita (Pemkab_red) tingkatkan menjadi 98,45 persen. Terakhir permaret tahun 2024, itu sudah 99,16 persen,” kata A. Kurniadi, saat dikonfirmasi Jambitv.co diruang kerjanya, Kamis (04/07/2024).

 

Secara angka real yang berhasil ditingkatkan oleh Pemkab Batanghari, lanjut A.Kurniadi. Jumlah warga yang terdaftar dalam jaminan kesehatan ini bertambah sebanyak 2.201 orang dibanding tahun 2023 lalu, yang terdata sebanyak 303.972 orang.

 

Menurut Kurniadi, angka ini membuktikan bahwa setiap tahun kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan pelayanan kesehatan terus meningkat. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Batanghari masih tetap berupaya untuk mengakomodir warga agar terdaftar seperti di BPJS Kesehatan.

 

“Kita khawatir dari sisa yang tidak terdata ini. Apakah memang problemnya belum terdaftar atau ada persoalan lain. Seperti mungkin sudah pindah domisili, meninggal dunia, atau memang anak yang baru lahir. Sehingga belum terdaftar dalam jaminan kesehatan,” bebernya.

 

Namun demikian, sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief – H. Bakhtiar. Pemerintah Daerah setempat tetap akan memaksimalkan upaya pelayanan kesehatan dengan mengakomodir warga yang belum terdaftar.

 

“Salah satu program Pak Bupati dan Wakil Bupati, tidak ada dan tidak boleh masyarakat di Kabupaten Batanghari yang tidak mendapat pelayanan kesehatan. Jadi ketika ada masyarakat yang tidak mampu atau tidak memiliki jaminan kesehatan, segera buatkan dulu Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Agar bisa mendapat pelayanan kesehatan di Kabupaten Batanghari,” jelas Kepala Bapperida Batanghari, A. Kurniadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id