Waspada Musim Kemarau, BPBD Minta Perusahaan Siapkan Embung Antisipasi Karhutla

Waspada Musim Kemarau, BPBD Minta Perusahaan Siapkan Embung Antisipasi Karhutla

Waspada Musim Kemarau, BPBD Minta Perusahaan Siapkan Embung Antisipasi Karhutla-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Sebagai langkah menghadapi musim kemarau yang diprediksi mulai terjadi sejak bulan Juni 2024 ini. Badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Batanghari, meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di daerah setempat. Menyiapkan embung guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Sekretaris BPBD Kabupaten Batanghari Syamral Lubis mengatakan, setiap perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, pertambangan maupun di bidang industri. Ditekankan membuat embung sebagai wadah penampung air. 

Untuk memudahkan proses pemadaman jika terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Terutama perusahaan yang beroperasi menggunakan lahan milik negara.

BACA JUGA:7 Kecamatan di Muaro Jambi Berpotensi Karhutla

“Kami berharap statement kami ini didengarkan oleh rekan rekan perusahaan, baik perkebunan pertambangan maupun unit usaha lain. Agar yang pertama khusus yang memakai lahan pemerintah atau lahan negeri ini supaya menyiapkan embung embung sesuai dengan peraturan yang mereka tandatangani kesepakatannya dengan kpk dulu atau ketika mereka mengurus izin,” Syamral Lubis Sekretaris Bpbd Batanghari.

Selain embung, seluruh perusahaan juga diminta menyiapkan peralatan pemadam api sesuai standar yang berlaku. Menurut Syamral, persiapan ini perlu dilakukan perusahaan karena merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi sesuai regulasi yang berlaku.

Upaya ini juga merupakan atensi yang diterima BPBD sesuai instruksi Bupati Batanghari. Saat rapat evaluasi.

BACA JUGA:Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan, 2 Titik Karhutla Ditemukan di Muaro Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv