Jalan di Durian Luncuk Rusak Parah Akibat Tambang Batu Bara, Kadis PUTR Geram Perusahaan Hanya Timbun Tanah

Jalan di Durian Luncuk Rusak Parah Akibat Tambang Batu Bara, Kadis PUTR Geram Perusahaan Hanya Timbun Tanah

Jalan di Durian Luncuk Rusak Parah Akibat Tambang Batu Bara, Kadis PUTR Geram Perusahaan Hanya Timbun Pakai Tanah-Pirdana Atrio-JambiTV

Jambitv.co, Batanghari – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Batanghari, Ajrisa Windra meradang dengan ulang perusahaan tambang batu bara PT Harapan Sejahtera Bara Bersama. Pasalnya akibat operasional tambang di Kelurahan Durian Luncuk, Kecamatan Batin 24 ini, ruas jalan mengalami kerusakan parah. 

Mendapati kondisi tersebut, Dinas PUTR Batanghari langsung menyurati pihak perusahaan untuk segera melakukan perbaikan atas dampak aktivitas tambangnya. Namun surat tersebut sempat tidak digubris oleh perusahaan. Setelah 2 kali disurati, perusahaan akhirnya berupaya melakukan perbaikan.

Hanya saja, perbaikan yang dilakukan perusahaan dinilai asal-asalan. Pasalnya jalan yang nyaris amblas tersebut hanya ditimbun seadanya dengan tanah. Kesal dengan ulah perusahaan, Ajrisa Windra turun langsung kelokasi pada Jum’at sore 19 April 2024, untuk melihat kondisi jalan yang sudah rusak akibat ulah tambang batu bara ini. 

BACA JUGA:Jalan Rusak, Akses Jalur Lintas Bajubang Dialihkan Ke Pemayung

“Kami sudah melayangkan 2 kali surat, surat pertama tanggal 9 Maret 2024 dan 17 April 2024. Ternyata sampai hari ini kami periksa di lapangan situasinya belum ada perubahan. Dengan cara yang dibuat perusahaan ini, seperti main-main. Kondisi ini berdampak sosial karena akses jalan ini terganggu. Jalan ini kan aset negara yang dalam hal ini bisa dikategorikan adanya unsur kesengajaan sehingga berdampak mengganggu lalu lintas,” tegas Ajrisa Windra.

Ajrisa Windra juga menjelaskan, kerusakan yang terjadi pada ruas jalan kabupaten ini diketahui berlangsung sejak awal Aaret 2024 lalu. Kondisi ini tidak hanya merusak lingkungan atau merugikan masyarakat serta pengendara yang melintas. Namun juga dipastikan menimbulkan kerugian terhadap negara khususnya daerah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id